150 Ribu Warga di Kabupaten Belum Miliki KTP

 1,983 total views

Hj. Wini
Hj. Wini

Kabupaten, Wartatasik.com – Kepala Bidang KTP Disdukcapil Kab. Tasikmalaya Hj. Wini mengungkapkan, sampai sekarang ini ada sekitar 150 ribu warga belum memiliki Kartu Tanda Penduduk. Jumlah itu, katanya, dari total 1,6 juta jiwa penduduk di Kabupaten Tasikmalaya. “Jika dipersentase, dari 1,4 juta jiwa yang berhak punya KTP kurang lebih 15 persen atau sekitar 150 ribu belum memilikinya. Itu karena disebabkan beberapa faktor diantaranya kegagalan cetak di pusat dan juga diperbaiki disini (Disdukcapil),” terang Ia kepada Crew Media Online Wartatasik.com, Kamis (13/08).

Ia menjelaskan, kegagalan terjadi dikarenakan setiap warga hanya memiliki satu Nomor Induk Kependudukan (NIK), biometri duplikat record dan harus update NIK tersebut. “Jadi, apabila ada warga yang belum punya KTP akibat terjadi kesalahan atau error dan ingin memilikinya maka bisa datang langsung ke kantor ini untuk melakukan cek iris mata dan Fringerprint untuk mengetahui alasan KTP belum bisa dicetak,” paparnya.

Dengan demikian, lanjut Ia, perlu untuk diketahui masyarakat bahwa keterlambatan proses pembuatan KTP selama ini bukan berarti tidak dikerjakan atau diproses oleh pihaknya melainkan akibat terjadinya hal-hal tersebut. “Diantara semua warga yang belum memiliki KTP tersebut paling banyak di Kec. Ciawi dan Karangnunggal karena warga di wilayah itu kebanyakannya merantau dan pulang kampung selama setahun sekali atau di waktu lebaran saja sehingga tak ada kesempatan untuk rekan data,” tandasnya. EQi

Related posts

Leave a Comment