19 April Ditetapkan Hari Libur Pilkada

 396 total views,  2 views today

Doknet
Doknet

Nasional, Wartatasik.com – Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono (Soni) mengatakan 19 April 2017 resmi menjadi hari libur pilkada. Hal itu ditetapkan agar masyarakat berpartisipasi dalam pesta demokrasi tersebut. “Pada tanggal 19 April 2017 resmi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebentar lagi meliburkan, jadi hari pilkada adalah hari libur se-DKI,” kata Sumarsono ketika ditemui di Aula Sudirman, Kodam Jaya, Jl Mayjen Sutoyo, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (13/4/2017).

Soni mengatakan pemberian libur ini dimaksudkan bukan untuk memberikan ruang rekreasi tambahan. Melainkan agar masyarakat bisa berpartisipasi politik serta ikut membangun demokrasi dengan datang ke TPS dan mencoblos. Sedangkan aparat keamanan, seperti TNI, polisi, serta Satpol PP, tidak boleh libur. Hal ini dilakukan karena mereka akan melaksanakan tugas pengamanan di tiap TPS. “Nanti Satpol PP nggak boleh libur, kita terjunkan di bawah karena jumlah yang nggak banyak, sekitar 4.000-an, kita terjunkan ke 13.000 TPS, setidaknya satu Satpol PP meng-cover 3 TPS-lah, keliling saja,” ujarnya.

“Karena tugas utama pengamanannya kan TNI, Polri, dan ada dua pengamanan di TPS, panitia lokal TPS, ada kemudian polisi 1, TNI 1, Satpol PP keliling menjaga ketertiban-keamanan mana yang diperlukan,” tuturnya. Soni mengatakan pihaknya juga akan menyiapkan petugas lalu lintas di beberapa titik untuk mencegah terjadinya hambatan. Pemadam kebakaran, kata dia, juga akan disediakan guna mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi.

“Kita siap menjaga kondusif, termasuk dukcapil juga siaga ada piket, jadi dia tidak libur, untuk yang warga DKI yang libur, mereka akan mencoblos dan sekaligus memonitor di TPS masing-masing. Tapi dukcapil yang warga Bekasi, Bogor, yang bukan warga DKI, dia piket di kantor, kemudian tetap memberikan monitoring dan pelayanan,” ucap Soni. “Yang jelas, kita siang hari ini memberikan jaminan rasa aman-nyaman dan kepada warga Jakarta jangan takut diintimidasi karena pilihannya,” katanya.

Sumber: detik

Related posts