60 Hektar Kawasan Dadaha Siap Ditata

 3,496 total views

Akhmad Kurnia Aji | Seda
Akhmad Kurnia Aji | Seda

Kota, Wartatasik.com –  Dengan tujuan memperindah dan mempercantik lingkungan di Kawasan Pusat Komplek Olahhraga Dadaha Kota Tasikmalaya, dalam waktu dekat Pemkot melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) akan melakukan penataan. Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) untuk kawasan tersebut sampai bulan ini sudah memasuki tiga kali pembahasan dengan tim konsultan dan dinas-dinas terkait.

Ketua Tim Teknis RTBL yang juga selaku Staf Bidang Fisik Bappeda Kota Tasikmalaya Akhmad Kurnia Aji mengatakan, pembahasan RTBL akan selesai sampai akhir tahun ini sehingga pada tahun depan akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat termasuk dinas terkait. “Dan di tahun 2018 nanti, akan dilaksanakan pekerjaan fisik jika anggarannya sudah tersedia,” ungkapnya, Jum’at (21/10).

Ia menerangkan, rencana penataannya itu akan mejadikan Kawasan Dadaha lebih menarik, kekinian dan tidak ada bangunan yang terlihat kumuh. ”Kita harapkan rencana RTBL ini bisa diwujudkan demi keindahan dan kenyamanan kawasan tersebut,” harap Aji. Dijelaskannya, kawasan yang masuk dalam penataan seluas kurang lebih 60 hektar, mulai dari Jl. Tentara Pelajar (Tentapel), Jl. KHZ. Mustofa, Jl. BKR sampai daerah Sungai Cimulu. ”Anggarannya bersumber dari APBN dengan kontraktor dari Satker Provinsi Jawa Barat. Kota Tasik hanya sebagai penyedia tempat dan lahan,” tuturnya.

Penataan yang akan dilakukan, terang Aji, seperti penyeragaman penampilan atau tipe bangunan agar tidak kumuh, pengecatan dengan warna menarik serta yang lainnya. ”Intinya, bangunan dan akses jalan yang masuk ke komplek itu juga Sungai Cimulu akan berubah lebih bagus. Pemukiman penduduk yang ada di sepanjang kali Cimulu tidak akan ada lagi, sehingga pemandangannya bakal terlihat lebih indah dan bersih. Akan berubah wajah,” katanya.

Dengan adanya penataan, menurut Ia, Komplek Dadaha kedepan bukan hanya akan menjadi komplek olahraga saja melainkan jadi tempat rekreasi dan hiburan bagi masyarakat juga tujuan wisata. ”Untuk itu, masyarakat dimohon bersabar. Dengan proses penataan, Dadaha akan menjadi icon baru di Kota Tasik. Kami berharap semua pihak selalu mendukung dan berperan aktif dalam mensukseskan program kegiatan yang akan kita laksanakan demi kepentingan kita bersama,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts