Dalam Pilbup Tasikmalaya, Ada Dua Opsi Koalisi PKB

Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya | Dokpri

Kab, Wartatasik.com – Pesta demokrasi pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Tasikmalaya akan segera dihelat tahun 2020 mendatang.

Partai pun sudah mengatur strategi menggandeng koalisi yang dinilai saling menguntungkan melalui komunikasi untuk memenangkan kontestasi politik lima tahunan ini.

Menurut Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya Haris Sanjaya, pertemuan atau komunikasi politik itu harus disambut baik jelang Pilbup Tasikmalaya 2020.

“Itu merupakan bagian dari opsi dan dinamika komunikasi lintas partai yang harus dibangun,” ucap Haris di Kantor DPC PKB Kab Tasikmalaya, Kamis (20/09/2019)

Dikatakan Haris, beberapa waktu lalu Wakil Ketua DPRD Prov Jawa Barat dari FPKB H. Oleh Soleh bertemu dengan Ketua Fraksi Golkar H. Yod Mintaraga yang didampingi H. Iwan Saputra.

“Saya menyambut baik pertemuan tersebut, namun belum bisa dipastikan soal koalisi dan penentuan figur calon untuk Pilbup nanti,” ungkapnya.

Selain membangun komunikasi dengan berbagai partai,  Haris juga sudah melakukan konsultasi dengan para sesepuh ulama di lingkungan PCNU dan Pondok Pesantren.

“Ya, itu dilakukan untuk mendapatkan masukan dengan parpol mana dan dengan siapa calon yang akan dipajukan,” bebernya.

Haris pun menyebut PKB belum bisa memutuskan dan menentukan akan berkoalisis dengan partai mana dan mendorong kader internal atau ekternal dari PKB.

“Kita menunggu mekanisme dari DPP dan DPW,” ujarnya

Sementara itu, Ketua 1 DPC PKB Kab Tasikmalaya Usman Kusmana menambahkan, sampai saat ini kader internal yang muncul di Pilbup 2020 antara lain H. Acep Adang Ruhiat,  H. Oleh Soleh dan H. Haris Sanjaya.

“Sejauh ini, melihat peta politik ada beberapa opsi yang sudah muncul untuk PKB, diantaranya paket koalisi Golkar dan Demokrat yang mengusung Iwan Saputra sebagai Calon Bupati dan Wakilnya,” beber Usman yang juga Ketua Barisan Haris Sanjaya (BHS).

“Lalu opsi koalisi dengan PDI Perjuangan Ade Sugianto sebagai Bupati dan Wakilnya dari PKB,” sambung ia.

Dijelaskan Usman, semua opsi koalisi itu sangatlah mungkin, tapi ujungnya berdasarkan Surat Keputusan (SK) rekomendasi DPP parpol masing masing.

“Insya Alloh DPC PKB Kab Tasikmalaya dari DPC, PAC sampai ranting berjuang untuk memenangkan kadernya. Seperti Haris Sanjaya akan memberikan sentuhan yang berbeda bagi Pemkab Tasikmalaya,” pungkasnya. Eqi.

Berita Terkait