Kelas UI/UX Design Binar Academy Sukses Terapkan Metode Flipped Learning di MBKM Batch 2

Dokumentasi Kelas UI/UX Design di Binar Academy | dokpri

ReferensiKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI sejak tahun 2020 telah membuat program baru yang diberi nama Kampus Merdeka. Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Salah satu program MBKM adalah program Studi Independen dengan mitra Binar Academy.

Di Binar Academy terdapat beberapa kelas yang ditawarkan, salah satunya kelas UI/UX Design. Kelas UI/UX Design mempelajari seputar perancangan design aplikasi. Kegiatan ini dimulai tanggal 14 Februari 2022 sampai tanggal 22 Juli 2022.

Di kelas ini diterapkan metode pembelajaran Flipped learning, yaitu suatu metode pembelajaran di mana peserta sebelum kelas dimulai diberikan materi pembelajaran terlebih dahulu untuk dipelajari. Materi yang diberikan dalam bentuk bacaan dan video referensi.

Metode flipped learning sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta dalam memahami materinya karena para peserta lebih tau apa yang dijelaskan oleh mentornya saat kelas berlangsung.

Menurut Wariyanti Nugroho Putri, salah satu peserta studi independen UI/UX Design Binar Academy, metode yang diterapkan ini membuatnya lebih percaya diri ketika kelas berlangsung.

“Metode pembelajaran di Binar Academy dengan mempelajari materi terlebih dahulu membuat saya tidak terlalu insecure saat kelas belangsung, karena saya jadi paham dengan materi yang disampaikan mentor,”

Studi Independen Kelas UI/UX Design Binar academy dapat menjadi pilihan untuk para mahasiswa yang sedang mendalami dunia UI/UX karena selain metode flipped learning yang berhasil diterapkan, terdapat faktor lain yang membuat kelas ini sukses, seperti mentor yang profesional, materi yang relevan dengan dunia kerja UI/UX sekarang, adanya uang komunikasi, serta peserta pastinya tidak dipungut biaya. Penulis: Wariyanti Nugroho Putri

Berita Terkait