Net
Net

Nasional, Wartatasik.com –  Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf meninjau lokasi banjir parah di Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Dalam kunjungan tersebut, selain memastikan akan memberikan penanganan cepat dampak banjir, juga mengajak warga kerja bakti memperbaiki jalan rusak.

Saifullah Yusuf atau Gus Ipul tiba di Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari, Jumat (6/1/2017). Desa ini merupakan lokasi terparah terdampak banjir akibat luapan sungai pada Kamis. Saat tiba, Gus Ipul langsung mengajak Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf atau Gus Irsyad sejumlah Kepala SKPD terkait melakukan rapat singkat di lokasi jalan kampung yang rusak.

Setelah rapat, Gus Ipul dan Gus Irsyad lalu mengajak puluhan warga, anggota Tagana dan BPBD kerja bakti membersihkan material banjir. Batu-batu paving yang berserakan dikumpulkan dan dirapikan. Tak lama kemudian, pekerjaan tuntas. “Kami berkoordinasi, mencari penyebab banjir karena banjir kali ini di Purwosari merupakan yang terbesar. Banyak warga kaget dan tak menyangka,” kata Gus Ipul.

Menurut pria asli Purwosari ini, banjir parah salah satunya akibat alih fungsi lahan hutan sehingga air huja langsung turun ke bawah. Selain itu, banyaknya jembatan di jalur sungai juga menghambat arus air sehingga meluap. Kondisi itu diperparah dengan banyaknya sampah dan material kayu. “Pemprov akan melakukan perbaikan sesuai kewenangannya. Plengsengan-plengsengan yang rusak ringan akan diperbaiki segera,” jelas Gus Ipul.

Sementara itu, Bupati Irsyad juga memastikan semua kerusakan diinventarisasi. Rumah-rumah yang rusak berat dipastikan segera dibangun dengan dana APBD. Jalan yang rusak juga akan diperbaiki. “Kami pastikan semua akan diperbaiki pemerintah. 41 jiwa di 10 kepala keluarga terdampak juga sudah diberikan bantuan baik familiy kit maupun logistik. Tim reaksi cepat dari semua SKPD terkait juga sudah bekerja,” kata Gus Irsyad.

Kepala Desa Kertosari, Waluyo, mengatakan total ada 5 bangunan rusak parah dan jalan paving rusak parah di desanya. Selain itu, 4 hektare lahan pertanian padi dan jagung juga rusak. “Perbaikan jalan paving karena vital akan selesai hari ini. Kami sudah kordinasi dengan dinas terkait,” kata Waluyo.

Sumber: detik

BAGIKAN