AKP. Sofyan: PNBP Naik untuk Meningkatkan Pelayanan

 7,740 total views

AKP. Sofyan Efendi / Seda
AKP. Sofyan Efendi / Seda

Kota, Wartatasik.com – Mulai besok, Jum’at 06 Januari 2017 seluruh tarif jenis pelayanan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mengalami kenaikan. Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota AKP. Sofyan Efendi saat ditemui, Kamis (05/01), mengungkapkan, kenaikan tarif PNBP merupakan Peraturan Pemerintah yang berlaku secara nasional.

”Tarif ini berlaku menyeluruh di Indonesia, dan ini berdasarkan PP Nomor 60 tahun 2016. Jadi, ini bukan hanya di Kota Tasik tapi nasional,” ungkapnya. Ia menerangkan, peraturan tersebut keluar sejak Tanggal 6 Desember 2016 lalu. Selama sebulan ini, tuturnya, telah dilakukan sosialisasi ke masyarakat baik di pusat maupun di tingkat wilayah melalui berbagai media.

”Kita harapkan, pemberlakuan tarif baru PNBP ini dapat diterima dan diketahui oleh masyarakat umum, sehingga masyarakat yang akan menggunakan pelayanan tersebut dapat mempersiapkan diri,” ujar Ia. Menurutnya, pada prinsipnya kenaikan tarif PNBP tersebut untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga harus disertai dengan peningkatan pelayanan dan kelengkapan infrakstruktur juga sarana prasarana.

Sesuai dengan PP 60 tahun 2016 tersebut, jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang mengalami kenaikan tarif yakni Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), Pengesahan STNK, Penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCKB), Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Penerbitan Surat Mutasi Kendaraan Bermotor Ke Luar Daerah, Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Lintas Batas Negara (TNKB-LBN), Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) Pilihan.

Laporan: Seda

Related posts