Aktifitas Warga Tionghoa Kota Tasik di Tahun Baru Imlek

 9,399 total views

Aktifitas warga Tionghoa di Vihara Avalokitesvara di Jalan Pemuda No. 11 Kota Tasikmalaya / Seda
Aktifitas warga Tionghoa di Vihara Avalokitesvara di Jalan Pemuda No. 11 Kota Tasikmalaya / Seda

Kota, Wartatasik.com – Di perayaan Tahun Baru Imlek 2568, warga Tionghoa menyambutnya dengan melakukan serangkaian acara utamannya memohon agar tahun ini lebih aman dan damai. Seperti halnya diungkapkan salah seorang warga Paseh, Kota Tasikmalaya Ibu Lili (53) besama anaknya Charlene (13) saat mendatangi Vihara Avalokitesvara di Jalan Pemuda No. 11. Ia menjelaskan, setiap menyambut tahun baru imlek semua warga tionghoa melakukan ritual keagamaan dengan sembahyang sembari memanjatkan do’a kepada Tuhan dengan harapan di tahun ayam api ini bisa lebih makmur dan lebih sukses.

Ia mengatakan, usai melaksanakan sembahyang dan memanjatkan doa-doa juga melakukan ritual lainnya yakni membakar kertas bergambar dewa didalam dupa. ”Membakar kertas tersebut sebagai ucapan terima kasih kepada dewa dan meminta keberkahaan dalam kehidupan. Selanjutnya,  melakukan silaturahmi ke sesama, bertemu dengan kerabat, keluarga dan yang lainnya sambil mengucapkan selamat dan sama-sama bergembira (gong xi, gong xi, gong xi), dan selamat tahun baru imlek atau Xin nian kuai le,” jelasnya.

Di tahun baru imlek, lanjutnya, semua bersyukur, sebab tahun sekarang penuh hoki dan keberkahaan. Warga Tionghoa mengucapkan Fu Man Tang.  ”Perayaan tahun baru imlek ini sebenarnya tidak ada yang spesial, baik dari segi khas yang mesti disediakan di rumah. Hanya saja hari ini, kita dianjurkan untuk memakan sayur-sayuran atau buah-buahan guna menghindari makanan daging atau bernyawa lainnya. Paling di rumah disediakan dodol ketan yang disantap sambil berkumpul bersilaturahmi dengan keluarga dan sahabat-sahabat lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, guna kelancaran proses peringatan menyambut tahun baru imlek, Vihara Avalokitesvara dijaga oleh personil dari kepolisian. ”Untuk menjaga kenyamanan jemaat tionghoa melakukan ritual keagamannya. Sedikitnya ada 18 personil anggota kepolisian Tasikmalaya Kota diturunkan untuk menjaga dan mengantisipasi gangguan atau kendala lainnya,” tegas AKP. Sulistyaningsih, Padal Polwan Polsek Tawang, yang sedang melakukan pengamanan dilokasi Vihara, tadi siang.

Laporan: Seda

Related posts