Alfian: Relatif Rendah, Pembaca Efektif Satu Banding Seribu Orang

 1,095 total views

H. Alfian / EQi
H. Alfian / EQi

Kabupaten, Wartatasik.com – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten H. Alfian menjelaskan bahwa kegiatan Gerakan Tasikmalaya Membaca yang digelar Senin 19 Desember 2016 di Hal. Setda Kab, Tasikmalaya bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat luas. “Jadi, bukan hanya di sekolah saja tapi melebar ke seluruh lapisan masyarakat, dan kegiatan ini merupakan realisasi kegiatan yang dicanangkan oleh Bupati Tasikmalaya H. Uu Ruzhanuk Ulum,” terangnya.

Dirinya menambahkan, secara empirik catatan dari UNESCO, minat baca dan kreatifitas membaca di Indonesia menduduki index 0,001 atau satu per ribu yang artinya bahwa penduduk Indonesia satu berbanding seribu orang yang membaca efektif sehingga dikatakan budaya membaca di negeri ini relatif rendah. Oleh karena itu, lanjut Ia, dalam menghadapi kehidupan global tidak mungkin dapat bersaing dengan SDM yang dimiliki saat ini. “Dengan budaya baca ini diharapkan SDM kita meningkat sehingga bisa bersaing dengan negara lain. Dengan membaca pengetahuan kita akan akan bertambah, wawasan berfikir kita akan luas dan banyak ide dari hasil membaca yang bisa diterapkan dalam semua aspek kehidupan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, puncak kegiatan yang digelarnya akan berlangsung pada hari Rabu Tanggal 21 Desember 2016 atau esok hari. Menurut catatan, kata Alfian, ada sekitar 7000 orang membaca senap bersama-sama, yang menandai Maklumat Gerakan Tasikmalaya Membaca. “Yang membaca bukan hanya anak-anak sekolah namun juga dari santri, guru, majelis ta’lim, TBM, kepala sekolah, PKK, Dharma Wanita dan yang lainnya. Kami harap, kegiatan ini berjalan dengan lancar, aman dan tertib,” pungkasnya.

Laporan: EQi

Related posts