Ribuan Wisudawan Iniversitas Galuh Ciamis saat mengikuti Acara Wisuda tahun 2016-2017 | Foto : Tantan
Ribuan Wisudawan Iniversitas Galuh Ciamis saat mengikuti Acara Wisuda tahun 2016-2017 | Foto : Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Ribuan Mahasiswa  Universitas Galuh Ciamis (Unigal) mengikuti kegiatan wisuda untuk program Diploma, Sarjana, Pasca Sarjana dan Profesi Tahun Akademik 2016-2017 di Aula Auditorium, Senin (22/8). Wisuda tahun ini dibagi menjadi dua gelombang yaitu gelombang pertama periode satu diikuti sebanyak 768 wisaudawan/wisudawati yang diantaranya 328 Pasca Sarjana, 91 Fakultas Hukum, 93 Fakultas Teknik, 203 Fakultas Ilmu Kesehatan dan 53 Fakultas Ekonomi.

Sedangkan, untuk wisuda gelombang kedua periode satu diikuti sebanyak 791 wisudawan yakni FKIP 565, Faperta 50, Fisip 176 sehingga jumlah totalnya 1.559 orang. Rektor Universitas Galuh Ciamis, Dr. H. Yat Rospia Brata, Msi., menuturkan semua apa yang sudah didapat oleh para mahasiswa selama kuliah di kampus tersebut harus bisa diterapkan dan diaplikasikan dengan baik di lingkungan kerja maupun masyarakat.

“Kita tidak hanya bersaing dengan bangsa sendiri namun juga bersaing dengan negara luar dan dunia kerja yang saat ini semakin menantang, sehingga menuntut generasi muda untuk kreatif, cerdas dan pandai membaca peluang,” ujarnya. Ia menuturkan, tak sedikit dari lulusan Unigal yang langsung bekerja di beberapa perusahaan di dalam maupun luar kota. Sementara, lanjutnya, bagi yang belum bekerja agar secepatnya menciptkan lapangan kerja.”Jangan pernah mau jadi orang yang disuruh-suruh, harus jadi seorang pemimpin dan ciptakanlah peluang pekerjaan,” tutur Ia.

Yat menerangkan, bahwa Unigal telah diperkenalkan dan bekerjasama dengan beberapa Universitas di 6 negara diantaranya Turki, Jepang, Hongkong, Singapura, Thailand dan Malaysia. Bentuk kerjasamanya berupa pertukaran dosen, penelitian, pertukaran mahasiswa dan yang lainnya. “Kami ingin memberdayakan mahasiswa Unigal agar mereka mendapatkan ilmu serta mampu untuk menyalurkannya kepada orang lain juga untuk dirinya sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Universitas Galuh Ciamis, H. Otong Husni Taufik, S.IP.,MSi mengatakan, setelah meninggalkan lingkungan kampus, para wisudawan akan memasuki kehidupan bermasyarakat dan dunia kerja sehingga harus memberi kontribusi besar melalui karya gemilang dalam berkiprah di dalam maupun luar negeri. “Bila memungkinkan wisudawan harus menciptakan lapangan pekerjaan dengan semangat kewirausahaan,” ujarnya.

Ia berharap, para wisudawan mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri khususnya Asean yang sangat ketat dan kompetitif. Untuk itu, semua lulusan Unigal harus memiliki kompetensi dan skill yang mumpuni sehingga mempunyai keunggulan bersaing. “Saya mengucapkan selamat dan sukses atas prestasi yang telah ditunjukan para peserta wisudawan sehingga berhasil menyelesaikan studi secara baik dengan meraih gelar akademik di bidang keilmuan yang ada di lingkungan Unigal,” paparnya.

Pihaknya menambahkan, tugas dan tantangan yang harus dihadapi dan diatasi itu lebih berat dan komplek dibanding sebelumnya, sehingga harus disadari bahwa keberhasilan yang dirayakan pada hari wisuda tidak lain adalah awal dari perjalanan panjang mahasiswa wisudawan dalam mengarungi kehidupan kedepan yang sarat dengan tantangan.

Laporan: Tantan