Apple Pie Ala Ellate Patisserie Curi Hati Para Penikmat Kuliner

 3,783 total views

Appel Pie produksi Ellate Patisserie | Foto : EQi
Appel Pie produksi Ellate Patisserie | Foto : EQi

Kabupaten, Wartatasik.com – Dampak positif ekonomi kreatif di Tasikmalaya mulai menunjukan perkembangan yang signifikan khususnya di bidang usaha kuliner terlebih sekarang ini sudah menjadi gaya hidup atau lifestyle yang melekat di kalangan masyarakat. Ternyata, hal itu jadi salah satu alasan kuat bagi Mariam, seorang ibu rumah tangga yang merintis usaha kue skala rumahan berlabel “Elatte Patisserie”. Ia mengakui bahwa awalnya bisnis kuliner yang dirintisnya itu hanya sekedar iseng untuk mengisi waktu luang dan juga mengembangkan bakat memasaknya. Namun, seiring respon positif dari para pembeli membuatnya bertahan selama hampir 3 tahun berjalan.

“Dulu saya iseng aja sih. Masak dan bikin kue di rumah. Icip-icip ko rasanya lumayan. Kenapa ga coba berjualan saja?. Karena saya kan ibu rumah tangga yang tidak memiliki kesibukan. Lalu, mencoba untuk dijual sama tetangga, eh ternyata mereka malah repeat order dan ketagihan,” ujarnya saat ditemui Crew Wartatasik.com, Sabtu (30/07). Ia menerangkan, berbagai jenis olahan kuliner sudah pernah dijualnya mulai dari merintis kue tradisional, snack, keripik, masakan sunda, olahan pasta, cake, dan saat ini fokus pada kue jenis pie, olahan pasta dan dessert. Beda dari yang lain, tutur Ia, merupakan konsep usaha yang selalu dipikirkannya misal menggunakan nama Patisserie di tengah ramainya usaha kue dengan sebutan bakery.

“Saya selalu ingin beda. Makanya memilih nama brand juga dipikirkan seunik mungkin. Di Tasikmalaya sepertinya baru saya yang menggunakan istilah itu,” ungkap Mariam. Dijelaskannya, Patisserie merupakan istilah yang lazim digunakan untuk para pemilik toko penjual berbagai olahan kue di Negara Prancis. “Itu istilah khas toko kue di Negara Prancis. Karena memang Prancis menjadi salah satu negara dengan olahan kue dan dessert terkenal di dunia.  “Namun juga sebutan itu bisa diartikan kue-kue kecil atau toko kue yang menjual kue-kue kecil sejenis cake, pastry dan dessert. Tapi yang jelas, bagi saya nama itu adalah do’a dan semoga apa yang diharapkan dari do’a tersebut bisa secepatnya tercapai,” imbuhnya.

Ia menyebutkan, salah satu kue yang kini menjadi khas Elatte Patisserie yakni Apple Pie. Kue tersebut diolahnya karena ingin menghadirkan sesuatu yang beda. “Saya mengikuti respon positif masyarakat terhadap datangnya bakery-bakery skala nasional yang mulai menjamur di Tasikmalaya. Bukan hal yang tidak mungkin atau mustahl kami sebagai putri daerah juga bisa membuat olahan-olahan premium tersebut. Bahkan dari segi harga bisa lebih ekonomis lhoo…,” ujarnya sambil menunjukan salah satu kue andalannya itu.

Diakuinya juga bahwa ide pertama membuat kue sejenis Apple Pie karena sering melihatnya di bakery ternama yang ada di kota-kota besar dan luar negeri seperti di film-film yang kerap dijadikan hidangan istimewa. “Jadinya saya penasaran. Selain itu, ternyata Apple Pie sudah ada sejak tahun 1675 dan menjadi salah satu kue premium yang dicari oleh para penikmat kuliner,” paparnya seraya menerangkan Apple Pie ala Elatte terbuat dari campuran sugar dough dan filling buah apel yang segar.

Berkat jerih payahnya itu, sekarang ini Apple Pie ala Elatte Patisserie mulai mendapat tempat di hati masyarakat Tasikmalaya. Terbukti dengan banyaknya permintaan dari pelanggan untuk dijadikan cemilan, hantaran bahkan kue anniversary pengganti cake hias. Saat ini Apple Pie Elatte Patisserie memiliki 3 varian yang sedang dikembangkan yaitu Original, Cokelat dan Milk Crumble.

Selain Apple Pie, Mariam juga menghadirkan berbagai jenis kue lainnya seperti Tarte Au Chocolat atau Pie cokelat ala Prancis yang dimodifikasi dengan tambahan Topping Kacang Almond, Fruit Tart, Bread Pudding, Cheese Cake, Tiramisu, olahan pasta Macaroni Schotel, Lasagna juga makanan ringan lainnya seperti Edam Cheese Stick dan Peanut Butter Cookies . “Pada intinya saya ingin ikut memberi kontribusi bagi kampung kelahiran sehingga dengan adanya Elatte Patisserie masyarakat sekitar bisa dengan mudah menikmati kue-kue premium dengan harga terjangkau,” pungkasnya. EQi

 

Related posts