Bantu Ketahanan Pangan, Distan Kota Akan Tingkatkan Produksi Beras

 1,776 total views

Deddy S.B / EQi
Deddy S.B / EQi

Kota, Wartatasik.com – Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya pada tahun anggaran 2017 akan mengalokasikan dana sebesar Rp.15.574.350.000 dengan melaksanakan 18 Program dan 97 kegiatan, termasuk kegiatan PIWK Kecamatan dan skala prioritas Program Dinas. Rencana itu akan dimusyawarahkan melalui Musrenbang Sektoral pada hari Rabu 22 Februari 2017 mendatang. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Deddy S.B di ruang kerjanya, Jum’at (17/02).

Disamping itu, lanjut Ia, juga akan melaksanakan program-program skala prioritas program dinasnya dan akan meningkatkan lahan produksi beras hitam seluas 4 hektar serta melaksanakan program unggulan diantaranya Pengembangan Pengolahan Mendong, Mina Politan dan Rancangan Perda tentang LP2B Kota.

Dalam rangka meningktakan ketahanan pangan juga mencukupi kebutuhan pangan Kota Tasikmalaya serta membantu program Dinas Ketahanan Pangan, dinasnya akan mengoptimalkan produksi beras atau padi dengan lahan yang ada, juga mengoptimalkan produktifitas daging dengan mendorong peternakan, seperti pada tahun 2016 mengadakan program pengadaan Sapi Bunting, sehingga pada tahun 2017 atau 2018 sudah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging sapi, meskipun tidak sepenuhnya terpenuhi.

Di tahun 2017 ini, terang Deddy, dinasnya akan mengembangkan Ayam Petelur, yang diharapkan akan nantinya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang selama sebagian besarnya di datangkan dari luar daerah dengan target mencukupi minimal 40 persen kebutuhan telur masyarakat Kota Tasikmalaya. “Sebagai bukti keseriusan DPRD Kota Tasikmalaya terhadap sektor pertanian dan perikanan, sekitar 2 Milyar rupiah anggaran kegiatannya dilaksanakan di Dinas Pertanian dan Perikanan,” pungkasnya.

Laporan: EQi

Related posts