Bantu Warga Kurang Mampu, LSM Kawilang Bagi Paket Sembako dan Uang “Kadeudeuh”

 2,067 total views

Jajaran pengurus dan anggota LSM Kawilang berfoto bersama dengan warga para penerima bantuan paket sembako | Foto : Seda
Jajaran pengurus dan anggota LSM Kawilang berfoto bersama dengan warga para penerima bantuan paket sembako di Gedung Dakwah, Senin (04/07) tadi sore | Foto : Seda

Kota, Wartatasik.com – Di Kota Tasikmalaya angka pengangguran dan kemiskinan masih cukup tinggi dan posisinya berada di level atas tingkat Provinsi Jawa Barat. Berangkat dari hal itu, LSM Kawilang menggelar bakti sosial berupa pembagian paket sembako dan uang kedeudeuh bagi warga yang kurang mampu dari 10 wilayah kecamatan yang ada di Kota Tasikmalaya.

Kegiatannya berlangsung di Gedung Dakwah Jl. Masjid Agung Kota Tasikmalata, Senin (04/07) tadi sore. Ketua LSM Kawilang Annas Faturrochman mengungkapkan, melihat kondisi demikian pihaknya merasa tergugah ingin membantu masyarakat miskin karena diyakini bahwa urusan menanggulangi kemiskinan bukan hanya semata-mata tanggung jawab pemerintah tapi juga semua stakeholder yang ada.

”Kami dari Kawilang memposisikan diri bagian dari masyarakat yang punya tanggung jawab bersama dalam membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu demi meringankan beban hidup mereka. Karena persoalan kemiskinan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tapi juga semua pihak. Intinya, harus berkolaborasi baik dari unsur pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, komunitas dan teman-teman pergerakan LSM lainnya agar bisa berbagi rezeki,” tegas Ia di lokasi kegiatan.

Ia mengatakan, pemberian bantuannya itu tidak diiringi dengan niat apapun kecuali murni dan rasa ikhlas. Dijelaskan Annas, bentuk bantuan yang diberikannya tersebut hasil dari anggotanya serta titipan dari luar daerah. “Kita kumpulkan dan simpan. Lalu sekarang kita salurkan kepada saudara-saudara yang kurang mampu guna meringankan beban hidupnya,” paparnya.

Menurut Ia, kepedulian sosial seperti yang dilaksanakannya itu sangat berarti bagi warga yang kekurangan. Dengan demikian, sesuai dengan namanya kadeudeuh keur dulur jeung lembur urang, Kawilang berprinsip bahwa berbagi tidak akan pernah rugi serta menjadi pembelajaran untuk menjadi manusia yang dapat berguna bagi sesama.

Sementara itu, Salah seorang warga penerima bantuan Endah (27) mengaku senang mendapatkan paket sembako yang isinya berupa kebutuhan pokok seperti minyak goreng, mie instan, kecap, gula pasir, susu kaleng, abon serta uang takjil. “Saya sangat bersyukur masih ada orang yang peduli membantu meringankan beban hidup kami yang kurang mampu. Semoga LSM Kawilang semakin sukses dan selalu bisa membantu sesama serta memiliki kepedulian tinggi kepada masyarakat luas seperti Saya ini,” tandasnya. Seda

 

Related posts

Leave a Comment