Banyak Mall dan Hotel Berdiri di Kota Tasik Tak Pengaruhi Angka Penganggur

 1,009 total views

Heni / Sopyan

Kota, Wartatasik.com – Kurang minatnya pencari kerja untuk bekerja di luar daerah, menjadi catatan terendiri bagi Dinas Ketenagakerjaan Kota Tasikmalaya. Hal itu, menjadi salah satu pemicu banyaknya angka pengangguran. Demikian dikatakan Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Disnaker Kota Tasik, Heni, disela acara Pelatihan Penciptaan Tenaga Kerja Mandiri, di Hotel Mangkubumi, Senin (13/11/2017).

“Ada sebanyak 16.707 orang yang tercatat di AK 1. Itu artinya jumlah tersebut merupakan jumlah pencari kerja yang ada di Tasikmalaya. Kebanyakan mereka tidak mau kerja di luar kota. Padahal, peluang kerjanya besar. Mereka inginnya kerja di daerah sendiri,” ungkap Heni. Untuk mengantisipasi urusan tersebut, Heni menerangkan bahwa pihaknya selalu mengadakan pelatihan-pelatihan, baik dari program dinas sendiri maupun bekerjasama dengan pihak lain.

[sc name=”iklanadsense2″]

“Ada program dari pemerintah baik pusat maupun provinsi. Kita selalu adakan pelatihan-pelatihan bekerjasama dengan pihak lain yang memang kompatibel dalam bidangnya. Dan setelah pelatihanya selesai kita terus memantau perkembangannya. Ada juga yang dibantu permodalannya. Itu salah satu bentuk kepedulian kami untuk mengurangi jumlah pengangguran di Tasikmalaya,” tambah Heni.

Adapun jenjang pendidikan yang tercatat sebagai pencari kerja, sebut Ia, kebanyakan atau sekitar 50 persennya dari tingkat SMA dan SMK, sisanya dari Sarjana, Diploma dan yang lainnya. Disinggung soal peran penting keberadaan mall dan hotel-hotel yang baru berdiri di Kota Tasikmalaya untuk mengurangi angka pengangguran, dirinya menegaskan tidak ada pengaruhnya.

“Sejauh ini tak ada catatan ataupun laporan perekrutan tenaga kerja di sekitar perusahaan didirikan, padahal itu perlu. Dan dengan begitu kita tidak tahu juga merasakan pengaruhnya mereka (perusahaan) mengurangi pengangguran,” ungkapnya. Heni berharap, dengan adanya pelatihan-pelatihan mampu mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Tasikmalaya. Sopyan

Related posts