Bawaslu Jabar Gelar Sosialisasi Pemilu bagi Media Massa di Lembang-Bandung

 2,415 total views

JpegSejumlah wartawan dari berbagai media saat mengikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Lembang-Bandung / Seda
JpegSejumlah wartawan dari berbagai media saat mengikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Lembang-Bandung / Seda

Bandung, Wartatasik.com – Sejumlah wartawan dari bebagai perusahaan media cetak, elektronik dan online mengikuti kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi Media Massa yang digelar Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat di Hotel Pesona Bamboe, Lembang- Bandung, Kamis (8/12). Rencananya kegiatan tersebut akan berlangsung sampai Tanggal 9 Desember 2016 atau esok hari dengan menghadirkan para pemateri dari Tim Penegak Hukum Terpadu (GAKKUMDU).

Dalam kesempatan itu, Ketua Bawaslu Prov. Jabar Wasikin Basuki mengatakan, jelang pelaksanaan pemilu semua pihak harus siap menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi. ”Pengawasan pemilu dalam pelaksanaan banyak menemukan goncangan. Oleh karena itu, perlu pengawasan dari semua pihak termasuk peran dari wartawan,” katanya.

Berita yang disampaikan media, lanjut Ia, harus memiliki nilai positif bagi masyarakat dan memberikan penyajian yang menyejukan bagi pelaksanaan demokrasi. ”Acara sosialisasi atau gathering ini diambil filosofi kebersamaan. Kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu serta Media adalah satu kesatuan yang saling melengkapi untuk kesuksesan pelaksanaan Pemilukada,” jelasnya.

Ia menambahkan, khusus untuk para rekan media diharapkan bisa mencoblos diluar tempat domisili, wartawan harus berpartisipasi dalam menggunakan hak pilih. ”Kita mengajak aktif dalam melakukan pengawasan, bila ada pelanggaran Pilkada di daerah, tolong sampaikan ke Panwaslu dulu sebelum ke publik atau masyarakat,” ujarnya.

Sementara, dari Kejaksanaan Jawab Barat Indra mengungkapkan, kegiatan sosialisasi tersebut sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi, saling mengenal, merasa bersatu tidak ada egosentris, saling asah asih asuh, memupuk rasa persaudaraan dan solidaritas di lapangan. “Bersinergis dalam menjalankan pengawasan Pemilu. Pelaksanaannya harus baik dan benar. Kedepan, harus tercipta suasana yang kondusif. Media harus berimbang dalam memberikan informasi,” tegasnya.

Lalu, dari Polda Jabar Ridwan menuturkan, harus ada persiapan dalam pelaksanaan Pemilu. “Komunikasi ini harus terus terjalin untuk kemajuan jabar kedepan. Rasa kepedulian dan pelayanan yang terbaik. Peran media sangat penting dalam melakukan pengawasan, media harus menjaga netralitas dan informasi yang berimbang,” tandasnya.

Laporan: Seda

 

Related posts