Bawaslu: Pelajar Jangan Hanya Nyoblos

194 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini

Sosialisasi bagi para pemilih pemula / Seda
Sosialisasi bagi para pemilih pemula / Seda

Kota, Wartatasik.com – Ratusan pelajar dan mahasiswa menghadiri kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tasikmalaya Tahun 2017 Bagi Para Pemilih Pemula di Hotel Santika, Senin (21/11). Acara dibuka oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat Harminus Koto dengan menghadirkan nara sumber diantaranya Dr. Affan Sulaeman dari Unpad, Masykurudin Hafiz dari Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Wasikin Marsuki dan Yusuf Kurnia dari Bawaslu Provinsi Jabar.

Dalam kesempatan itu, Harminus mengatakan, selain pengawasan Pemilu kegiatan tersebut juga diharapkan menjadi sarana pembelajaran bagi pemilih pemula, tidak hanya mencoblos pada hari H tapi dapat membantu kelancaran Pilkada. ”Pemilih pemula diharapkan bisa berpartisipatif dalam pengawasan dan juga bisa membantu meminimalisir tingkat pelanggaran Pemilu,” ujarnya.

Ia menerangkan, dalam kegiatan para pserta diberikan pemahaman tentang upaya pencegahan serta mendorong partisipasi dalam penindakan pelanggaran. ”Pemilih pemula ini bisa berperan aktif secara sukarela melakukan pengawasan tahapan Pemilu. Selain itu, dibutuhkan sinergitas antara pengawas pemilu dengan masyarakat, terutama pemilih pemula serta memperkuat fungsi dan kapasitas pengawasan,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts