Bawaslu: Pengawasan Tahapan Pemilu Harus Adil

 2,824 total views

Drs. Harminus Kota | Foto Grid : EQi
Drs. Harminus Koto | Foto Grid : EQi

Kota, Wartatasik.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat Drs. Harminus Koto mengungkapkan partisipasi rakyat dalam Pemilu merupakan bagian integral bukan hanya sebatas memberikan hak suaranya di tiap TPS. Selain itu, katanya, juga diamanatkan dalam perundang-undangan yang menjelaskan bahwa pertisipasi rakyat dapat dilakukan dalam bentuk pengawasan terhadap setiap tahapan Pemilu.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka kegiatan sosialisasi kelembagaan pengawas pemilu di Hotel Santika Tasikmalaya 14 Juni 2016, kemarin. “Pengawasan terhadap persiapan tahapan pemilu harus adil khususnya pemilihan pembentukan lembaga penyelenggara pemilu,” ujarnya.

Diterangkan Harminus, terhitung dari Tanggal 30 Mei 2016 telah terbentuk Panwas Kota Tasikmalaya yang sebelumnya dibentuk di tingkat kecamatan, kelurahan, pengawas lapangan juga panwas tingkat TPS.

Terkait dengan hal tersebut, pihaknya berharap warga Kota Tasikmalaya berpartisipasi menjadi panwas dengan memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi. Disamping itu, lanjutnya, juga sangat diharapkan adanya koreksi dan masukan terkait proses perekrutan anggotanya. “Untuk pendaftaran anggota Panwaslu dibuka mulai Minggu depan sampai setelah perayaan Idul Fitri,” papar Ia. EQi

Related posts

Leave a Comment