Bebas Rabies, Disnakkan Ciamis Beri Vaksin Gratis

240 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

drh. Nugrahawati, MP sedang melakukan penyuntikan vaksin anti rabies kepada salah satu hewan ternak | Foto : Tantan
drh. Nugrahawati, MP sedang melakukan penyuntikan vaksin anti rabies kepada salah satu hewan peliharaan | Foto : Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Guna menciptakan Kabupaten Ciamis bebas rabies, Dinas Peternakan dan Perikanan (DISNAKKAN) Kabupaten Ciamis secara gratis memberikan vaksin rabies untuk hewan seperti anjing, kucing dan monyet.

“Kegiatan pemberian vaksin gratis ini secara rutin kita laksanakan, bahkan hampir setiap bulan kita keliling ke setiap Kecamatan untuk memberikan vaksin rabies. Hal ini guna menciptakan Ciamis bebas dari Rabies. Bahkan hari ini sekitar 25 hewan kita suntik vaksin anti rabies dan vitamin kepada hewan yang dipelihara warga setempat,” jelas Kepala Bidang Keswan, Ikan, dan Kesmavet drh. Nugrahawati, MP, di Dusun Sukamantri, Pamarican, Ciamis, Senin (8/8).

Dikatakan Retty sapaan akrabnya, kegiatan pemberian vaksin gratis tersebut juga sebagai bentuk rangkaian kegiatan rutin yang dilakukan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis. “Jadi kegiatan seperti ini rutin kami laksanakan, kita meminta agar masyarakat desa sekitar bisa mempersiapkan hewan seperti anjing, kucing dan monyet untuk disuntik rabies dan vitamin. Alhamdulillah antusias dari masyarakat sangat baik,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar pemilik hewan bisa selalu menjaga kesehatan peliharaannya serta secara rutin memberikan vaksin anti rabies. Sebab, lanjut Ia, penyakit rabies tersebut sangat berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian. “Selama ini memang belum ada kasus rabies yang sampai menyebabkan kematian di Ciamis. Mudah-mudahan hal tersebut tidak terjadi di daerah kita ini,” pungkasnya. Tantan

Related posts