Berharap Bukan Angin Surga, TTD Tunggu Realisasi Penataan TMP

 3,268 total views

Komunitas Tasikmalaya Tempo Doeloe (TTD) / dok

Kota, Wartatasik.com – Kegiatan penataan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumah Bangsa Karoeng Kota Tasikmalaya rencananya akan dilaksanakan tahun ini. Berdasarkan keterangan dari dinas terkait belum lama ini, jumlah anggaran kegiatannya senilai Rp 400 jutaan disatukan dengan pemeliharaan rutin tahunan. Bentuknya, berupa penggatian dan penamaan nisan sekitar 900 lebih makam pejuang dengan bahan batu marmer.

Upaya pemerintah tersebut sangat disambut baik oleh komunitas Tasikmalaya Tempo Doeloe (TTD) yang telah memperjuangkannya dari awal. Atas saran dan kritik yang telah disampaikannya secara langsung maupun melalui siaran media. ternyata upayanya itu membuahkan hasil positif sehingga dirasakan tidak sia-sia. Para penggiat sekaligus pelestari sejarah itu menilai pemerintah telah melaksanakan hal yang sepantasnya dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan juga penghormatan kepada para pejuang yang telah rela berkorban jiwa raga demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan negeri ini.

“Sudah sewajarnya dan seharusnya kita khususnya pihak terkait menata kembali TMP agar menjadi tempat yang indah, bukan sebaliknya. Tempat itu nantinya harus menjadi tempat yang sering dikunjungi, tak hanya di waktu-waktu tertentu saja seperti peringatan hari besar nasional. Semakin sering dan banyak yang mengunjungi secara langsung atau tidak langsung akan berdampak terhadap pendidikan untuk para generasi penerus,” tegas Ketua TTD Hendar Cunay, Selasa (18/07).

Dan nantinya, lanjut Cunay, generasi tersebut bisa paham dan mengetahui makna sejarah sehingga dapat menghargai jasa para pahlawan. “Sebetulnya, Inilah yang kami perjuangkan dan cita-citakan. Disamping itu, kami harap adanya upaya kerjasama antara pihak Dinas Sosial dengan Dinas Pendidikan supaya keberadaan TMP dikenalkan kepada siswa atau pelajar karena dengan mengenal pahlawan dan sejarah secara bertahap akan membangun karakter kecintaanya kepada daerahnya sendiri,” ujar Ia

Dengan demikian, realisasi penataan tersebut sangat ditunggunya seraya berharap pernyataan dari pihak Dinas Sosial bukan hanya untuk memberikan angin surga semata. “Mudah-mudahan itu benar. Jangan sampai pemerintah memberikan harapan palsu. Karena, ini demi kebaikan semua termasuk kelestarian sejarah kota ini,” pungkasnya. Indra

Related posts