Bidang Perikanan, Gelar Study Banding ke Mina Sari Cilacap

 4,325 total views

Rombongan Study Banding, di bawah Bidang Perikanan Dinas Pertanian, Perikanan, Kehutanan Kota Tasikmalaya, di kelompok budidaya Ikan Gurame Mina Sari, Kamis (22/10)
Rombongan Study Banding, di bawah Bidang Perikanan Dinas Pertanian, Perikanan, Kehutanan Kota Tasikmalaya, di kelompok budidaya Ikan Gurame Mina Sari – Cilacap, Kamis (22/10)

Cilacap, Wartatasik.com – Untuk menambah wawasan Bidang Perikanan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Tasikmalaya mengadakan kegiatan Study Banding dengan jumlah peserta 45 orang perwakilan kelompok perikanan ke beberapa daerah di Jawa Tengah.

Hari pertama, Kamis (22/10) Kunjungan peserta kegiatan study banding ke kelompok pembudidaya ikan Mina Sari di Desa Glempang, Kec. Maos Kab. Cilacap – Jawa tengah yang merupakan komoditas Ikan Gurame.

“Pada prinsipnya tehnik budidaya ikan Gurame hampir sama dengan budidaya lainnya, namun yang menjadi perbedaannya adalah diseluruh pematang kolam ditanami pohon pepaya untuk pakannya. Juga sebagai income tambahan yang mampu menambah pemasukan Rp. 10 Juta tiap kali panen” terang Purwoko, ketua kelompok Mina Sari kepada rombongan.

Perbedaan yang lain kolam pembesaran ikan tersebut dikelilingi tanaman Kangkung, menurut Purwoko, tanaman Kangkung sangat bermanfaat terutama musim kemarau ini, “Seperti penetralisir bahan kimia, jamur, dan juga sebagai tempat berlindung serta sebagai pakan ikan Gurame” pungkasnya.  EQi

Related posts

Leave a Comment