Bila Temukan Obat Ilegal, Budi Minta Masyarakat Segera Melapor

 1,670 total views

Foto bersama Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman saat menghadiri Gerak Jalan Sehat Hari Kesehatan Nasional / Sopyan

Kota, Wartatasik.com – Maraknya kasus peredaran serta penyalahgunaan obat-obatan ilegal juga tidak sesuai aturan, menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Tasikmalaya. Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional, Ikatan Apoteker Indonesia wilayah Tasikmalaya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan mengadakan acara gerak jalan sehat dan pengobatan sekaligus konsultasi kesehatan gratis bagi masyarakat, di Taman Kota, Minggu (12/11/2017).

Ketua Pelaksana, Nofi Dwi Listanto, mengatakan acaranya diikuti oleh 2000 lebih peserta. “Insyaallah akan mencetak rekor muri. Ini rangkaian acara dari Hari Kesehatan Nasional. Ada gerak jalan santai, pengobatan dan konsultasi gratis,” terangnya. Adapun tujuan dari kegiatan, lanjut Nofi, untuk memberikan informasi mengenai obat yang baik digunakan.

“Acara ini sebagai ajang informasi bagi masyarakat tentang obat mana yang harus dibeli. Jadi disini kita juga mengajak selain apoteker tapi juga kepada masyarakat untuk mewaspadai banyaknya peredaran obat ilegal,” tambah Ia. Sementara itu, Kepala Seksi Bidang Farmasi Dinkes Kota Tasik, Dede Sedyana menyebutkan ada dua jenis obat yang ilegal, yakni obat yang pembuatan, penjualan dan penggunaannya ilegal.

[sc name=”iklanadsense2″]

Kemudian, yang dibuat legal tapi disalahgunakan dengan cara ilegal. “Dan itu sering terjadi. Maka dari itu, dengan adanya acara ini diharapkan para praktisi atau apoteker yang ada di Tasikmalaya khususnya lebih selektif dalam meneliti peredaran obat. Kepada masyarakat dimohon partisipasinya,” ungkap Dede. Lalu, Wali Kota H. Budi Budiman menyampaikan jika akan menggunakan obat kimia harus mengetahui dan mengikuti aturannya. “Dalam obat kimia ada dosis juga aturan pakai. Jadi, jangan terlalu over melainkan harus tepat sesuai aturan. Nanti kalau over malah bisa lebih parah,” ungkapnya.

Melalui kegiatan tersebut, Budi mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak sungkan melaporkan kepada pihak yang berwajib jika menemukan peredaran obat-obatan ilegal dan narkoba. “Narkoba dan peredaran obat-obatan ilegal telah menjamur di sini, untuk itu jika ada yang menemukan indikasi peredarannya, segera laporkan ke pihak berwajib,” tegasnya. Sopyan

Related posts