BPBD Ajukan Ketersediaan Anggaran Bancana di Tiap Dinas

 525 total views,  9 views today

Musrenbang Sektoral BPBD Kota Tasikmalaya / Seda
Musrenbang Sektoral BPBD Kota Tasikmalaya / Seda

Kota, Wartatasik.com – Guna memaksimalkan penanggulangan bencana, BPBD Kota Tasikmalaya perlu didorong oleh sumber daya manusia yang handal serta ketersediaan anggaran yang memadai. Hal itu, tersirat dalam kegiatan Musrenbang Sektoral BPBD Kota Tasikmalaya TA 2018 yang digelar di Aula Kantornya, Selasa (28/02).

Dalam kegiatan yang dihadiri berbagai unsur terkait itu Kepala BPBD Soni Sudrajat menjelaskan, menginjak tiga tahun sejak terbentuknya BPBD, banyak program yang telah dicapai. ”Tahun 2018, BPBD harus lebih terdepan dalam melakukan penanganan kegawatdaruratan bencana,” ungkapnya.

Ia menerangkan, usulan kegiatan untuk tahun depan diantaranya akan mengadakan pelatihan-pelatihan dan pembentukan Satgas Kelurahan dan Kecamatan untuk membantu penanganan kebencanaan yang dilaksanakan oleh BPBD dan hal tersebut sangat direspon oleh semua pihak terkait.

Selain program tadi, lanjut Soni, usulan yang terpenting bagi BPBD yakni mengajukan ke Bappelitbangda agar menganggarkan pagu khusus anggaran penanganan darurat bencana yang disimpan di dinas-dinas terkait. ”Dana khusus untuk penanganan darurat bencana harus di sediakan dan dianggarkan, guna mempercepat melakukan penanganan darurat bencana,” ujarnya.

Ketersediaan pagu khusus anggaran di tiap dinas itu, katanya, sesuai dengan perintah dan komitmen Sekda. “Jika anggarannya sudah tersedia tidak ada alasan lagi untuk dinas untuk tidak menangani bencana,” tandasnya

Laporan: Seda

Related posts