BPBD Minta Warga Waspada Bencana

 3,616 total views

H. Soni Sudrajat / Seda
H. Soni Sudrajat / Seda

Kota, Wartatasik.com – Berdasarkan informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk tahun 2016 ini, tingkat bencana di Indonesia meningkat. Hal tersebut dikatakan Kepala BPBD Kota Tasikmalaya H. Soni Sudrajat saat ditemui usai mengikuti assessment di Hotel Santika, Minggu (27/11) tadi sore.

Ia mengungkapkan, sampai sekarang bencana masih terus terjadi yang sebagiannya menyebabkan korban jiwa. ”Ketika terjadi hujan lebat di wilayah Kota Tasik kemarin menimbulkan beberapa titik mengalami banjir khususnya di wilayah perkotaan. Ada 10 titik terkena banjir, sedangkan yang terkena dampak genangan air ada di beberapa kelurahan seperti Tugujaya, Margabakti dan Cikalang,” terang Soni.

Dengan demikian, pihaknya langsung terjun ke lapangan untuk melakukan penyelamatan dan berkomunikasi dengan lurah-lurah guna memberikan bantuan. Ditambahkan Ia, bencana banjir dan genangan air yang terjadi kemarin sore akibat dari tingginya curah hujan. ”Ini dampak dari hujan yang turun terus menerus dengan intensitas sangat tinggi. Sejak beberapa tahun, baru kemarin terjadi dengan disertai angin kencang,” jelas Ia.

Menurutnya, hampir seluruh wilayah di Indonesia mengalami hujan dengan intensitas cukup tinggi. Untuk itu, pihaknya menghimbau khususnya kepada warga Kota Tasikmalaya untuk tetap waspada karena musim hujan akan terus berlangsung di Bulan Desember ini sampai Maret 2017 nanti. Terutaman, bagi warga yang berdomisili di sekitar bantaran sungai karena banjir bisa terjadi sewaktu-waktu. Dikatakannya lagi, bahwa kejadian banjir yang mengenangi di beberapa sudut kota, selain akibat faktor curah hujan yang tinggi, juga perlu memperhatikan saluran air atau drainase yang harus diperbaiki.

Laporan: Seda

Related posts