Budidaya Ikan Gurame di Cikalong Bisa Hasilkan 15 Ton Per Hektar

 2,255 total views

Asep Thardiaman / EQi

Kabupaten, Wartatasik.com – Secara geografis, Kabupaten Tasikmalaya memiliki wilayah yang sangat luas dengan ribuan hektar lahan pertanian dan potensial untuk budidaya perikanan sehingga menjadi daerah salah satu produsen besar penyuplai ikan di Provinsi Jawa Barat.

Bahkan, salah satu jenis Ikan menjadi primadona yaitu Ikan Gurame atau dengan nama latin Ospronemus Gouramy. Ikan Gurame Tasik dikenal memiliki rasa lezat dengan tekstur daging segar dan tidak bau, sehingga banyak diminati masyarakat luas.

Sekarang ini, budidaya Ikan Gurame di Kab. Tasik hampir menyebar di seluruh wilayah, seperti di Kecamatan Sukaratu, Manonjaya, Leuwisari dan sejumlah kecataman lainnya. Dan saat ini, Bidang Pemberdayaan Budidaya Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya melirik Kecamatan Cikalong sebagai wilayah yang sangat potensial untuk dijadikan tempat budidaya pembesaran Ikan Gurame. Hal itu diungkapkan Kasi. Pemberdayaan Perikanan Budidaya Asep Thardiaman, di ruang kerjanya, Senin (17/07).

“Sekarang wilayah Cikalong sedang blooming budidaya Udang Paname, karena punya nilai ekonomis tinggi. Namun, Ikan Gurame pun sangat potensial untuk dikembangkan karena Cikalong memiliki sumber air yang bagus dan belum tercemar. Hampir 50 hektar lahannya bisa dimanfaatkan seperti di Desa Cimanuk, Desa Kalapa Genep, Desa Sindang Jaya, Desa Cikalong, Desa Singkir dan Desa Singkir,” terang Ia.

Dikatakan potensial, jelas Asep, karena memiliki suhu yang hangat, masih banyak sumber pakan alami, sumber air yang bagus, dan perlakuannya mudah. “Ini sesuai dengan biologi Ikan bahwa suhu sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhannya. Kalau diintensifkan, pembesaran Ikan Gurame ini bisa menghasilkan kurang lebih 15 ton per hektar,” pungkasnya. EQi

Related posts