Buka Lomba Paskibra, Wagub Djarot Gelorakan Semangat Kemerdekaan

 1,841 total views

Foto diambil dari detiik.com
Foto diambil dari detiik.com

Nasional, Wartatasik.com – Sambut Hari Kemerdekaan, PDIP menggelar lomba pasukan pengibar bendera (paskibra) tingkat SMA sederajat se-Jakarta. Sebanyak 30 sekolah mengikuti lomba yang digelar di Tugu Proklamasi, Pegangsaan, Jakarta Pusat. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful menjadi inspektur upacara pembukaan. Dalam sambutannya, dia menyampaikan gelora semangat kemerdekaan.

“Ini adalah tempat yang sangat bersejarah, 71 tahun yang lalu Sang Saka Merah Putih dikibarkan oleh pemuda-pemudi Indonesia dan dibacakan teks proklamasi oleh Bung Karno,” ujar Djarot, Sabtu (13/8/2016). Ia menambahkan, proklamasi yang disampaikan oleh dwitunggal Bung Karno dan Bung Hatta itu menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka, berdaulat dan modern.

38c95d21-6372-459c-b45f-3f4fca0cb3c6Djarot yang juga Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi PDIP menyatakan maksud acara ini agar kelak tumbuh generasi yang bisa membuat bangsa Indonesia jadi besar dan pemenang. Sehingga anggota paskibra dapat jadi pemimpin bangsa dan mencetak sejarah seperti mantan Presiden Kelima, Megawati Soekarnoputri. “Kami berharap, anggota paskibra jadi pemimpin bangsa dan cetak sejarah. Presiden kelima RI, Ibu Mega adalah anggota paskibra yang kibarkan bendera merah putih di Istana Merdeka.

Dengan nada bersemangat, Djarot mengingatkan bahwa usaha mengibarkan bendera merah putih sebagai tanda lepas dari penjajahan tidak hadir tanpa perjuangan. Ia mendorong para pemuda siap jadi tulang punggung bangsa. “Sang saka merah putih tidak berkibar begitu saja. Tapi diperjuangkan oleh darah dan air mata. Maka itu terus kibarkan sikap rela berkorban dan berjuang. Dan berkatalah “inilah aku, pemuda-pemudi Indonesia yang siap menyongsong segala perubahan. Karena kita negara besar dikaruniai oleh alam yang kaya raya,” kata Djarot.

Sumber: detik.com

Related posts