Dari Bulan Sekarang, Anggaran Murni 2017 Sudah Bisa Digunakan

 2,048 total views

H. Nana Sujana / Seda
H. Nana Sujana / Seda

Kota, Wartatasik.com – Sepanjang tahun anggaran tahun 2016 lalu, penyerapan anggaran di Pemerintahan Kota Tasikmalaya mencapai 92 persen lebih. Tingkat penyerapannya dianggap cukup baik. Selain pencapaian penyerapan tersebut, Pemkot juga mengukuhkan sisa anggaran/silva sebesar Rp. 133 milyar.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) H. Nana Sujana saat ditemui di ruangannya, Jum’at (13/01) tadi siang. Nana mengatakan, tren penyerapan anggaran tahun ini lebih baik dibanding tahun 2015. ”Sistem pengelolaan anggaran tahun 2016 kemarin sudah mulai lebih tertib dan terprogram, ditambah beralih sistem dengan sistem SIMDA, yang lebih efisien dan praktis. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik,” ujarnya.

Nilai silva tahun 2016 lalu, lanjut Ia, cukup lumayan besar karena pas di malam tanggal 31 Desember masih ada dana yang masuk dari DAU sebesar Rp. 57 milyar. ”Silva itu bisa dari efisiensi anggaran, bisa dari kegiatan-kegiatan yang tidak dilaksanakan, bisa dari biaya tidak terduga (DTT) yang tidak terpakai, termasuk penyertaan modal ke BJB yang tidak dieksekusi. Semuanya sudah masuk di kas daerah (Kasda),’’ jelas Nana.

Untuk kegiatan tahun 2017 ini, tambahnya, secara aturan atau legal, anggaran murni sudah dapat digunakan di awal Januari sekarang. ”Anggaran tahun ini, secara legal sudah disahkan dan ditetapkan juga diperdakan dan diperwalkotkan. Jadi, bagi lembaga atau OPD yang akan melaksanakan kegiatan awal tahun sudah dapat dilaksanakan, karena anggarannya sudah bisa dipergunakan dan dimanfaatkan,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts