Bupati Ciamis Buka Kursus KMD di Unigal

 2,311 total views

Bupati Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin, M,Si saat membuka kursus KMD di Unigal  | Foto : Tantan
Bupati Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin, M,Si saat membuka kursus KMD di Unigal | Foto : Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Dalam rangka pembekalan untuk dapat menjadi seorang pembina pramuka yang mahir, Universitas Galuh (Unigal) Ciamis menggelar kegiatan kursus pembina mahir tingkat dasar (KMD) gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Ciamis Gugus Depan Unigal tahun 2016 yang digelar di Aula Auditorium Unigal, Jum’at (2/9). Kegiatan yang diikuti sebanyak 152 peserta itu akan berlangsung selama 5 hari mulai dari hari ini hingga Tanggal 5 Sepetember 2016 nanti. Kegiatan tersebut ditandai dengan penyematan tanda peserta kursus oleh Pembina Kwartir Cabang Ciamis.

Ketua Mabicab sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis H. Iing Syam Arifin mengatakan melalui kursus tersebut nantinya diharapkan dapat dijadikan wahana untuk menciptakan kreatifitas. “KMD ini untuk meningkatkan kualitas pembina dalam menentukan kualitas anak didik,” ujarnya. Iing menuturkan, generasi muda harus didukung dan menjadikan gerakan Pramuka menjadi gerakan andalan. “Gerakan pramuka untuk mendidik generasi muda baik dari siaga, penggalang dan penegak,” ungkapnya. Pihaknya pun berterima kasih dan mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua mahasiswa dan Civitas Akademika Unigal yang telah berpartisipasi.

Menurutnya gerakan pramuka harus dilatih terus karena mereka akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang. “Peserta nantinya akan menjadi pendidik di waktu yang akan datang dan semuanya harus sudah siap,” katanya. Sementara, Rektor Universitas Galuh Ciamis  Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs, M.Si menjelaskan kegiatannya itu bertujuan untuk membentuk manusia yang memiliki watak dan kepribadian luhur, terampil dan mandiri.

Selain itu, sambung Ia, untuk menumbuhkan semangat patriotisme, membentuk mental, moral dan intelektual, meningkatkan ilmu pengetahuan kepramukaan serta menciptakan karakter Pembina Pramuka yang lebih baik. “Untuk mencapai itu perlu disiapkan Pembina Pramuka yang berkemampuan dan memiliki keterampilan untuk membina Pramuka sehingga perlu diselenggarakan kursus Pembina Pramuka mahir tingkat dasar,” tutup Ia.

Laporan: Tantan

Related posts