Bupati Tasikmalaya saat memainkan layang-layang di Pantai Cipatujah | Foto : Seda
Bupati Tasikmalaya saat memainkan layang-layang di Pantai Cipatujah | Foto : Seda

Kabupaten, Wartatasik.com – Guna meningkatkan serta menarik kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara khususnya ke kawasan Pantai Cipatujah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Rabu (31/08) menggelar kegiatan helaran kesenian tradisional, kegiatan festival layang-layang serta balapan kebo dan gerak jalan santai yang diikuti oleh seluruh masyarakat dari 39 kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

Berbagai Ukuran Dan Jenis Layang-layang yang ikut Dalam Festival Helaran Budaya di Pantai Wisata CipatujahSaat membuka acara, Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, potensi pariwisata yang ada di wilayah Kabupaten Tasik sangat banyak dan memiliki daya tarik yang mempesona, seperti Pantai Cipatujah. ”Kegiatan ini sangat positif, untuk menghibur masyarakat dan melestarikan seni budaya tradisional sehingga budaya karuhun dapat tumbuh berkembang dan dikenal seluruh masyarakat luas, terutama generasi muda sebagai penerus bangsa,” tegasnya.

Ditambahkan Ia, potensi wisata perlu untuk terus kembangkan, agar dapat menjadi daya tarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara agar datang dan berkunjung ke Kab. Tasikmalaya. ”Potensi pariwisata kita belum mampu menarik kunjungan wisatawan secara optimal, maka dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan dapat mendorong para pengusaha jasa pariwisata serta masyarakat ikut membantu menumbuhkembangkan dunia Kepariwisataan demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,” ungkap Uu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan H. Najmudin Aziz menerangkan, kegiatannya itu merupakan agenda tahunan yang selalu digelar dan sengaja dilaksanakan di Pantai Wisata Cipatujah dengan tujuan supaya dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. ”Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan wbukan hanya tanggungjawab dinas terkait, tapi semua pihak termasuk peran aktif Pramuwisata, Kompepar dan masyarakat setempat dalam menyampaikan informasi tentang potensi-potensi wisata yang ada, sehingga akan meningkatkan kunjungan secara optimal,” pungkasnya.

Dalam Kegiatan Helaran Budaya tersebut, panitia menyediakan berupa hadiah bagi para pemenang, untuk kategori Festival Layang-layang Uuara I Roswana, dari Pangandaran, Juara II Agus dari Kab.Bandung dan Juara III AURI Kab. Yogyakarta. Sedangkan, untuk Helaran Seni Budaya, Juara I Kec.Singaparna, Juara II Kec. Manonjaya dan Juara ke III Kec. Jamanis.

Laporan: Seda

BAGIKAN