Capaian Kinerja Dinas Bina Marga, Pengairan, Pertambangan dan Energi Kota Tasikmalaya Thn. 2016

 3,745 total views

Ivan Dicksan / Asron
Ivan Dicksan / Asron

Kota, Wartatasik.com – Di Tahun 2016, Dinas Bina Marga, Pengairan, Pertambangan dan Energi Kota Tasikmalaya mendapat alokasi anggaran infrastruktur sebesar Rp. 192.896.018.750,- bersumber dari APBD Kota 33,44 persen, APBD Provinsi Jawa Barat 40,18 persen dan DAK 21,39 persen yang terdiri dari 21 program dengan 132 kegiatan dan 462 paket pekerjaan.

Total anggaran per bidang yaitu, Bidang Jalan dan Jembatan Rp. 143.653.116.500,- dari APBD Kota, Prov, dan DAK. Lalu, Bidang PSDA Rp. 41.701.520.250,- dari APBD Kota, Prov dan DAK serta Bidang Tamben Rp. 7.541.382.000,- dari APBD Kota dan Prov.

Capaian kinerja Bidang Jalan dan Jembatan terdiri dari peningkatan jalan sepanjang 83,494 KM dan pemeliharaan rutin 80,418 KM di wilayah 10 kecamatan, pembangunan jalan Lingkar Utara (Pos AU-Karang Resik) 1,0 KM, pembangunan Jembatan Cikaracak 1 Unit, penggantian jembatan 5 Unit, pembangunan drainase 15,727 KM, pembebasan lahan Lingkar Utara 45,468 M2.

Sementara, program peningkatan/pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang bersumber dari DAK yaitu, Pemeliharaan Jalan Bantar, Jalan Paseh, Jalan Mitra Batik, Jalan Cibogor-Benda-Cigeureung, Jalan Gunung Sabeulah, Jalan Lingkar Terminal, Jalan Mayor SL Tobing, Pembangunan Jembatan Setiarasa, Pembangunan Jembatan Cikaracak, dll.

Sedangkan, program peningkatan/pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang bersumber dari APBD Provinsi Jabar diantaranya, Pembangunan Jalan Lingkar Utara, Pembangunan Drainase Bantarsari-Gunung Goong, Peningkatan Jalan Cibunigeulis II dan III, Jalan Rancasepat, Jalan Rancaremis, Jalan Bungursari-Rancabeundeum, Jalan Awipari, Jalan Sukaratu, Jalan Rancabeureum-Leuwiliang, Jalan Setiamulya-Setiawargi, Jalan Cikaret, dll.

Lalu, program peningkatan/pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang bersumber dari APBD Kota Tasikmalaya yakni, Peningkatan Lanjutan Jalan Cijambe, Jalan Cianjur Kidul, Jalan Rancamacan, Jalan Sukasari, TPT Leuwiliang-Bagogog, Lanjutan Jalan Cibunigeulis, Pembebasan Tanah Jalan Lingkar Utara, dll.

Capaian kinerja Biang PSDA terdiri dari, Pembangunan/Peningkatan Saluran Irigasi 28,000 KM dan Pemeliharaan Saluran Irigasi 70.114 KM. Program pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi, rawa dan jaringan pengairan lainnya yang bersumber dari DAK yaitu, Peningkatan Jaringan Irigasi Cibogo, Irigasi Situ Kalap, Irigasi Cintalaga, Irigasi Cieurih, Irigasi Cibeas, Irigasi Cibangbay, Irigasi Cibunigeulis, Irigasi Bungursari, Irigasi Malingping, Irigasi Eyong, dll.

Program pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi, rawa dan jaringan pengairan lainnya yang bersumber dari APBD I diantaranya, Penanggulangan Tanggul Cibaen, Penanggulangan Kantong Lumpur DAS Ciwulan, TPT Sungai Ciromban Blok Citerewes, TPT Sungai Cirombang Blok Gunung Mongot, TPT Ciromban Blok Leuwimalang, TPT Sungai Cirombang Blok Rancaremis, Penanggulangan Irigasi Tonggonglondok Blok Pajaratan, dll.

Program pengendalian banjir, Penanggulangan Sungai yang bersumber dari APBD Kota Tasikmalaya diantaranya, Fasilitasi Cepat Tanggap Penanggulangan Banjir Irigasi Citanduy BTCY 9 Kec. Cipedes, Sungai Ciromban Blok Bencing, Sungai Cikalang Blok Cikalang Girang, Sungai Cikalang Blok Leuwimunding, dll.

Capaian kinerja Bidang Tamben terdiri dari, Pemasangan Listrik Instalasi Rumah Sambungan Rumah (IRSR) 3.462 IRSR dan Pembuatan Sumur Bor 8 Unit. Program pembinaan dan pengembangan bidang ketenaga listrikan yang bersumber dari APBD I yaitu, Pemasangan Sambungan Rumah, Instalasi Bagi Keluarga Miskin: Pemasangan Listrik IRSR di 10 Kecamatan.

Program penyediaan dan pengelolaan air air baku: Pembangunan Sumur Bor dan Bangunan Pelenhkap Hidran Umum (HU) di Kota Tasikmalaya yang bersumber dari APBD I diantaranya, Pembangunan Sumur Bor di Kampung Belenung Babakan Kramat Kel. Leuwiliang, Sumur Bor Kampung Galumpit Kel. Setiawargi, Sumur Bor di Pesantren At Taupik Kel. Kahuripan.

Program pembinaan dan pengembangan bidang ketenaga listrikan yang bersumber dari APBD Kota Tasikmalaya, diantaranya, Pemasangan Sambungan Rumah, Instalasi Bagi Keluarga Miskin: Pemasangan Listrik IRSR di 10 Kecamatan. Program penyediaan dan pengelolaan air air baku: Pembangunan Sumur Bor dan Bangunan Pelengkap Hidran Umum (HU) di Kota Tasikmalaya yang bersumber dari APBD Kota Tasikmalaya, diantaranya, Pembangunan Sumur Bor RW 15 Kel. Panglayungan, Sumur Bor Gunung Roay RW 14 Kel. Kahuripan, Sumur Bor Tugusari Kel. Tugujaya, dll.

Saat ditemui di kantornya, Kamis (29/12) tadi siang, Kepala Dinas BMPPE Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengharapkan seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya dapat turut menjaga dan memeliharan semua hasil kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah terutama di lingkup dinasnya. “Selain merasakan manfaatnya, warga kota harus peran aktif dalam merawat semua fasilitas hasil dari pembangunan. Semoga, di tahun depan Pemkot Tasik terus melakukan pembangunan demi kemajuan dan pengembangan daerah ke arah yang lebih baik,” singkat Ia.

Laporan: Indra/Asron

Related posts