Ini Lima Poin Pakta Integritas Dispenda Kota Tasik

 3,339 total views

Pakta Integritas yang terpajang di ruang tamu Kantor Dispenda Kota Tasikmalaya | Asron
Pakta Integritas yang terpajang di ruang tamu Kantor Dispenda Kota Tasikmalaya | Asron

Kota, Wartatasik.com – Mungkin baru ada satu OPD di Kota Tasikmalaya yang memberlakukan Pakta Integritas ditanda-tangani oleh seluruh pegawainya yakni Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda). Pakta Integritas yang berisi lima poin perjanjian tersebut dipasang di ruang tamu kantor tersebut dengan ditandatangani Walikota dan Kepala Inspektorat. Menurut sumber, Pakta Integritas tersebut sebagai pemicu seluruh pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai poin yang dijanjikan, yakni:

  1. Akan mentaati Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditentukan sesuai aturan yang diterapkan oleh Dispenda dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Tidak akan menggunakan/menyalahgunakan uang setoran pajak, memanipulasi dokumen, berkas-berkas dan lain sebagainya dalam pelayanan yang menyebabkan terjadinya kerugian negara.
  3. Tidak aka melakukan penyalahgunaan wewenang dan tanggungjawab yang diberikan oleh Dispenda dalam rangka membantu seseorang dan kelompok tertentu, baik pribadi ataupun bersama-sama (mufakat) sehingga terjadi penyimpangan dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau kelompok.
  4. Tidak akan meminta dan menerima imbalan baik berupa uang dan atau barang dari masyarakat/wajib pajak yang berkaitan dengan proses pelayanan dengan maksud mendahulukan pelayanan yang bukan semestinya dan akan menjaga martabat Dispenda Kota Tasikmalaya.
  5. Apabila melanggar hal-hal yang dinyatakan dalam Pakta Integritas ini, kami bersedia untuk pindah dari Dispenda Kota Tasikmalaya atas keinginan/kesadaran sendiri, bersedia menanggung resiko dengan segala konsekwensinya, bersedia menerima sanksi apapun serta bersedia untuk diproses melalui jalur hukum.
    Demikian Pakta Integritas (Pernyataan Janji) ini kami tandatangani sebagai bukti kesungguhan dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi pada Dinas Pendapatan Kota Tasikmalaya.

Laporan: Asron/Indra

Related posts