Cegah “Kawin Muda”, DPMDPAKAB Kab. Tasik Bina Remaja

 1,910 total views

Pembinaan GenRe di Hotel Mangkubumi Tasikmalaya / Sea
Pembinaan GenRe di Hotel Mangkubumi Tasikmalaya / Sea

Kabupaten, Wartatasik.com – Ratusan pelajar mulai mulai tingkat SMP, SLTA serta Perguruan Tinggi se-Kabupaten Tasikmalaya mengikuti kegiatan pembinaan Generasi Berencana (GenRe) yang di selenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kab. Tasikmalaya di Hotel Mangkubumi, Senin (13/03).

Kabid. Pengendalian Penduduk dan KB Aep Saepudin didampingi Kasi. Jaminan Pelayanan Bina Remaja dan Hak-hak Reproduksi Dodi A. Sudrajat mengatakan, pembinaan digelar untuk memberikan pemahaman kepada para remaja agar memiliki perencanaan dalam membina hubungan rumah tangga.

”Remaja harus punya rencana sebelum berkeluarga. Merencanakan masalah ekonomi, jumlah anak, pekerjaan serta tempat tinggal, agar setelah berkeluarga, bisa hidup bahagia dan harmonis,” ungkap Dodi. Ditegaskannya, peserta yang berasal dari para pelajar se-Kab. Tasik tersebut sebaiknya berprestasi dulu, merencanakan perkawinan ideal, perempuan usia 21 tahun dan laki-laki 25 tahun.

”Kita ajak GenRe jangan sampai kawin ngora karena diusia perkawinan muda akan banyak menimbulkan masalah dikemudian hari,” jelasnya. Dodi menerangkan, kawin muda akan menyebabkannya permasalahan dalam rumah tangga seperti mengakibatkan ketidakharmonisan, sering bertengkar, kekerasan dalam rumah tangga, sampai akhirnya timbul perceraian muda karena emosi dan biologisnya belum matang,” tuturnya.

Untuk mencegah banyaknya pasangan menikah terlalu muda, pihaknya mencanangkan kawin ngora loba masalah, Generasi berencana jadikan budaya.

 Laporan: Seda

 

Related posts