Cegah Pernikahan Dini, Pemkab Tasik Gencar Sosialisasi

 9,407 total views

Kegiatan Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) di Kecamatan Karangjaya, Jum’at (05/05)/Seda

Kabupaten, Wartatasik.com – Pemkab Tasikmalaya terus mensosialisasikan dan menghimbau kepada masyarakat dan orang tua agar tidak terburu-buru menikahkan anaknya di usia muda. Menurut perhitungan dan aturan, usia menikah yang ideal bagi kaum wanita 21 tahun, sedangkan Pria 25 tahun. Alasannya, jika menikah di usia muda akan menimbulkan banyak resiko dalam hubungan rumah tangga.

Demikian sampaikan Kasi. Jaminan Pelayanan, Bina Remaja dan Hak-hak Reproduksi Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Dodi. A Sudrajat dalam kegiatan sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) di Kecamatan Karangjaya, Jum’at (05/05).

Ia menerangkan, berdasarkan data dan laporan yang diterimanya, di Kabupaten Tasik masih banyak yang menikah pada usia muda. ” Ada banyak yang menikah dibawah usia ideal seperti dikisaran 19 tahun. Itu sangat beresiko,” ujarnya. Dengan demikian, pihaknya terus melakukan sosialisasi sekaligus menghimbau kepada para pelajar dan para orang tua untuk menunda pernikahan anaknya di masa muda.

“Nikajh di usia muda sangat beresiko terutama akan menyebabkan kematian ibu dan bayi saat melahirkan. Karena fungsi-fungsi alat reproduksinya belum matang. Banyaknya kasus perceraian, tingginya kasus kekerasan dalam rumah tangga dikarenakan tingkat emosionalnya masih tinggi. Lalu, ekonomi tidak menentu,” tegas Ia.

Laporan: Seda

Related posts