Ciamis, Daerah ke-24 Cabor Wushu Indonesia

 5,783 total views

Pelantikan Pengda Wushu Kab. Ciamis oleh Pengda Wushu Prov. Jawa Barat, Selasa (19/07) | Foto : Tantan
Pelantikan Pengda Wushu Kab. Ciamis oleh Pengda Wushu Prov. Jawa Barat, Selasa (19/07) | Foto : Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Dalam rangka meningkatkan prestasi Cabang Olahraga (Cabor) Wushu di tingkat nasional maupun internasional, Pengurus Daerah Wushu Jawa Barat melantikan dan mengukuhan Pengurus Cabang Wushu Kabupaten Ciamis periode 2016-2020 di Gedung Kesenian Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ciamis, Selasa (19/07).

Ketua Umum Cabor Wushu sekaligus Wakil Bupati Ciamis Oih Burhanudin mengatakan, cabor tersebut merupakan olahraga beladiri yang belum banyak dikenal tapi mempunyai potensi. Dikarenakan, sambung Ia, Cabor Wushu sudah mendunia dan Indonesia peraih mendali emas kejuaraan dunia Wushu serta Jawa Barat menyabet mendali emas di PON. “Saya kira kalau Ciamis merupakan Kabupaten ke-24 Pengcab Wushu dan Ciamis punyai potensi untuk berprestasi,” kata Oih.

Pihaknya juga mengundang kepada seluruh guru olahraga untuk mensosialisasikan cabor tersebut kepada seluruh anak didiknya mulai dari tingkat SD, SMP  dan SMA. ”Sehingga para generasi muda nantinya bisa memilih olahraga mana yang lebih cocok untuk dirinya sendiri. Tentunya dengan langkah sosialisasi yang akan kita lakukan, InsyaAllah olahraga Wushu ini bisa berkembang di Kabupaten Ciamis,” ujar Ia.

Sementara itu, Ketua Koni Kabupaten Ciamis Yasmin Sambas menuturkan, pelantikan pengurus cabang merupakan implementasi dari keseriusan untuk bisa berprestasi di Kabupaten Ciamis khususnya.  “Pelantikan pengurus ini bukan semata-mata awal dari organisasi, namun merupakan suatu kesinambungan untuk mengembangkan tanggung jawab dalam bidang olahraga khususnya olahraga wushu untuk bisa mencetak atlet-atlet berprestasi,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pengurus Wushu Provinsi Jawa Barat yang telah mendorong Kabupaten Ciamis untuk melahirkan satu cabor yang baru. ”Ini adalah satu kesempatan. Kami juga menyampaikan satu harapan bahwa cabor di Kabupaten Ciamis ini terus berkembang,” ucap Iing.

Ia pun menambahkan, sesuai dengan misi Koni Kabupaten Ciamis, bahwa untuk tahun 2016 pihaknya mendukung penuh PON Jawa Barat yang diantaranya mendukung sebagai tuan rumah agar pelaksanaanya sukses dan juga mensupport atlet Jabar agar menjadi juara umum di pekan olahraga tersebut. “Jadi ada dua misi kita. Pertama, sebagai warga Jabar kita mendukung terselenggaranya PON di Jawa Barat ini sukses serta mensuport para atlet Jabar untuk berprestasi sehingga juara umum dapat diraih,” tegasnya. (Laporan Kontributor/Tantan)

Related posts

Leave a Comment