Decko Harap Semua Pihak Pantau dan Antisipasi Gerakan Petahana

 3,275 total views

Deden Deris Kharisma (Decko) | Dok
Deden Deris Kharisma (Decko) | Dok

Kota, Wartatasik.com – Pelaksanaan Pilkada Kota Tasikmalaya 2017 diharapkan oleh banyak pihak termasuk seluruh lapisan masyarakat bisa berjalan aman, lancar dan berkualitas juga menghasilkan sosok pemimpin yang bersih serta berkualitas pula. Seiring daripada itu, banyak hal yang harus dilakukan oleh semua pihak. Selain mendukung agar prosesnya sesuai dengan ketentuan juga adanya upaya antisipasi serta mencegah timbulnya permasalahan yang dinilai merugikan atau tidak fair oleh pihak-pihak yang bertarung demi kekuasaan semata.

Banyak kalangan berpendapat, dalam urusan pesta demokrasi bisa saja diwarnai pergerakan-pergerakan yang tidak semestinya harus terjadi sehingga dapat menimbulkan bentuk-bentuk pelanggaran yang bisa mengotori perhelatan lima tahunan itu.  Dengan demikian, sejumlah pihak menilai perlu adanya peran aktif dari masyarakat untuk memantau perjalanan proses pemilihan dari awal hingga akhir tahapan. Menurut salah seorang Politisi dari Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) Deden Deris Kharisma (Decko), upaya antisipasi yang perlu intens dilakukan yaitu lebih ke arah antisipasi pergerakan Petahana.

Karena, kata Ia, disitu selain bisa menggerakan kaum birokrasi yang seharusnya berada diposisi netral juga dapat pula memanfaatkan fasilitas negara demi melancarkan ambisinya agar terpilih kembali. “Hal-hal itu bisa saja terjadi. Jadi intinya, butuh peran aktif dari semua pihak untuk mengawasi dan mengantisipasinya. Khususnya bagi birokrasi, diharapkan bisa netral jangan mau digerakan oleh Petahana. Untuk Petahana sendiri selama cuti agar tidak menggunakan fasilitas negara dan menggerakkan birokrasi untuk mendukungnya. Jika dikemudian hari menemukan hal-hal tersebut selama kampanye agar segera melaporkannya ke Panwaslu,” tegasnya, Selasa (25/10).

Laporan: Asron/Indra

Related posts