Dede: Kepedulian Walikota Tasik Terhadap Budaya Lokal, Minim

 2,506 total views

Dede Sukmajaya | Foto : Asron
Dede Sukmajaya | Foto : Asron

Kota, Wartatasik.com – Di tengah semaraknya kegiatan Kibar Budaya yang digelar Padepokan Buana Medal Sakti Cibeuti-Kawalu Kota Tasikmalaya, Minggu (28/9), menyisakan banyak pertanyaan dari berbagai kalangan terutama dari pihak penyelenggara kegiatan atas ketidakhadiran Walikota Tasikmalaya Budi Budiman dengan alasan yang tidak jelas.

“Padahal kami sudah mengundangnya dengan resmi berikut beberapa orang petinggi birokrasi seperti Wakil Walikota dan Sekda. Namun, pada pelaksanaannya tidak ada yang hadir tanpa memberikan tembusan atau penjelasaan. Bagi kami, ini jadi pertanyaan, apakah beliau peduli terhadap budaya daerah atau tidak?, atau memang sengaja mengesampingkan dan tidak menganggap penting kegiatan-kegiatan untuk mengangkat budaya sendiri,” tegas Pengurus Padepokan Buana Medal Sakti sekaligus Ketua LSM GMBI Distrik Kota Tasikmalaya Dede Sukmajaya, tadi siang.

Diterangkan Ia, berdasarkan informasi yang diterima dari banyak pihak bahwa ternyata orang nomor satu di Kota Tasikmalaya itu memang jarang menghadiri acara yang bertema seni dan budaya daerah maupun nasional. “Jika begitu berarti sudah bersikap diskriminasi atau membede-bedakan karena sepengetahuan kami beliau selalu hadir kalau diundang ke acara budaya luar seperti yang rutin digelar,” ujar Dede.

Menurutnya, kehadiran seorang kepala daerah seperti dalam acara digelarnya sangat diharapkan dan dinantikan untuk bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat. “Dengan bertemu langsung banyak kemungkinan ada sesuatu hal yang bisa menjadi pemikiran positif bagi Pemerintah maupun masyarakat yang sifanya mendorong terhadap pembangunan daerah ataupun kepedulian dan juga motivasi guna membangkitkan kembali seni budaya lokal,” paparnya.

Pihaknya meminta khususnya kepada Walikota agar betul-betul peduli serta respon terhadap budaya daerah jangan sampai lebih peduli dengan budaya asing. “Tidak hanya untuk acara yang kami gelar saja, tapi bagi banyak pihak yang sama-sama ingin mengangkat seni budaya lokal harus diresponnya dengan baik dan positif. Minimal dengan kehadirannya membuktikan bahwa Walikota sangat mendorong upaya pihak-pihak yang ingin mempertahankan jati diri bangsa,” tandasnya.

Laporan: Indra/Asron

Related posts