Dedi: Perlindungan Petani di Kota Tasik Sudah Berjalan

 1,383 total views

Ir. Dedi SB / Eqi
Ir. Dedi SB / Eqi

Kota, Wartatasik.com – Mengutip hasil pertemuan dengan Anggota DPD RI H. Aceng Fikri beberapa waktu lalu yang membahas tentang undang-undang perlindungan petani, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya Ir. Deddy SB memaparkan pada dasarnya di Kota Tasikmalaya selama ini sudah menjalankan serta merealisasikannya, seperti salah satunya dengan adanya Asuransi Petani. Namun, kata Ia, sejauh ini pelaksanaannya masih belum sesuai harapan.

Asuransi tersebut, terang Dedi, mekanismenya untuk mengganti kegagalan hasil panen dengan ketentuan kegagalannya mencapai 80 persen dengan lahan pertanian yang dimiliki seluas kurang lebih lebih 1 Hektare. “Yang menjadi kendala asuransi hasil pertanian ini yaitu kebanyakan petani yang ada merupakan petani penggarap bukan petani pemilik. Sedangkan, yang mendapat asuransi hasil pertanian adalah petani sekaligus pemilik lahan,” ujarnya, Kamis (12/11).

Pihaknya juga mengusulkan adanya penambahan para penyuluh pertanian yang setiap tahunnya berkurang sementara penambahan belum ada dan hal ini disebabkan adanya moratorium. Lalu, mengusulkan penambahan biaya operasional penyuluh dan bantuan yang menyangkut kegiatan para petani sarana maupun pra sarana.

Laporan: EQi

Related posts