Kades Sukagalih Kec. Sukaratu Kab. Tasikmalaya Rajak. | Foto : EQi
Kades Sukagalih Kec. Sukaratu Kab. Tasikmalaya Rajak. | Foto : EQi

Kabupaten, Wartatasik.com – Sebagian besar geografis Desa Sukagalih Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya terdiri dari lahan pertanian dan hal itu membuat pihak kompeten memprioritaskan sarana pendukung yang memadai untuk mampu meningkatkan produktifitasnya.

Kepala Desa Sukagalih Rajak mengatakan, anggaran-anggaran yang diterimanya baik bertajuk Alokasi Dana Desa (ADD), Bantuan Provinsi (Banprov) ataupun yang lainnya sebagian besarnya dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur irigasi atau pengairan lahan pertanian seperti irigasi Sindang Kerta dan Bayeh.

Disamping itu, tutur Ia, kegiatan pembangunannya diupayakan supaya terukur, terencana dan menghasilkan output yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Seperti halnya pembangunan irigasi pertanian di desa ini sehingga ketika kemarau tiba para petani masih bisa bercocok tanam. Pembangunan irigasi disini diharapkan bisa rampung Tahun 2018 mendatang,” ujarnya, Kamis (11/02).

Rajak juga menjelaskan, tujuan lain dari skala prioritas pembangunan irigasi di desanya yakni untuk mempertahankan bentangan parit agar tidak menyempit jika dilakukan penembokan. “Disini ada beberapa sawah tadah hujan. Dengan adanya pembangunan irigasi petir daerah ini bisa bercocok tanam karena sawahnya bisa terus terairi sehingga tidak mengandalkan hujan,” terang Ia.

“Jika pembangunan irigasi ini sudah rampung, kedepannya alokasi anggaran yang masuk ke desa ini akan kami gunakan untuk pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan,” sambungnya. EQi

BAGIKAN