Detiknas Dorong Kota Tasik Jadi Kota Cerdas

 2,923 total views

Muhammad Andy Zaky | Foto : Indra
Muhammad Andy Zaky | Foto : Indra

Kota, Wartatasik.com – Kota Tasikmalaya menuju Kota Cerdas atau Smart City kian terbuka lebar. Dari sekian banyak langkah dan upaya pemerintah dalam mempersiapkan untuk melangkah menuju kota yang berbasis teknologi dan informasi tersebut telah mendapatkan dukungan positif dari pemerintah pusat melalui Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas).

“Setelah melihat secara langsung tentang kesiapan Kota Tasikmalaya, kami dari Detiknas Pusat menilai bahwa Pemkot sangat kuat menjaga komitmennya dalam menyukseskan Tasikmalaya menjadi kota cerdas,” papar Wakil Sekretaris Detiknas Muhammad Andy Zaky saat melakukan kunjungan penerapan pita lebar ke Dishubkominfo Kota Tasikmalaya, Selasa, (01/11).

Diterangkan Ia, pihaknya tengah mendorong tujuh daerah kota/kabupaten di Indonesia sebagai Pilot Project untuk melakukan penerapan broadband di daerah. “Sebetulnya Kota Tasikmalaya sendiri tidak termasuk dari tujuh daerah yang ditunjuk. Namun, rasanya kabar baik untuk kami, karena ternyata Pemkot Tasikmalaya menunjukan komitmen yang serius. Paling utama dalam melakukan broadband termasuk untuk e-government, layanan kesehatan, pengadaan dan lainnya adalah komitmen yang kuat sebagai leadership. Itu kami lihat ada disini,” katanya.

Andy menambahkan, sebagai implementasi dari komitmen tersebut merupakan adanya penyiapan tata kelola, infrastruktur, dan pemanfaatan beberapa aplikasi dasar yang sudah digunakan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya. “Dan kami siap untuk  mendukung lebih lanjut tentang apa upaya lanjutan agar nantinya terbentuk pemanfaatan broadband yang ideal di kota ini,” paparnya.

Ia mengaku akan membantu mengkoordinasikan dan mengkolaborasikannya dengan pihak terkait yang memungkinkan bisa mendukung baik dari pemerintah pusat maupun pihak swasta. “Sebagaimana peran Detiknas sebagai pengkoordinasi kita akan siap mendukung itu, dan kami juga siap membantu dalam mengkaji serta menganilisis bagaimana kesesuaian perencanaan dengan implementasi nantinya,” pungkas Andy. Asron/Indra

Related posts

Leave a Comment