Aslim, SH / Asron
Aslim, SH / Asron

Kota, Wartatasik.com – Seiring tengah melakukan pembahasan Ranperda tentang penyelenggaraan Perpustakaan Daerah, Komisi I dan IV DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (11/04) tadi siang, berkunjung ke Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya. Kedatangannya tersebut untuk lebih mengetahui kondisi secara pasti keadaan Perpustakaan Daerah yang terletak di Komplek Perkantoran Jl. Ir. H. Juanda.

Hasilnya, menurut Ketua Komisi I Aslim, SH bahwa kondisi yang ada saat ini dianggap kurang layak sehingga perlu didorong untuk lebih baik dan representatif. “Kedepan, ini perlu perhatian serius dari pemangku kebijakan. Sebab, ini menyangkut khalayak banyak untuk mencerdaskan bangsa. Kalau kondisinya seperti ini, mau bagaimana?,” katanya.

Dengan demikian, pihaknya akan mendorong dengan merekomendasikan Perpustakaan Daerah Kota Tasikmalaya berada di tengah kota atau yang sekarang ini digunakan Kantor Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dekat Taman Kota). Lalu, terang Aslim, membangun Depo Arsip yang saat ini sudah diusulkan dengan angka 10 milyar rupiah. “Tinggal menunggu Lokusnya. Sampai hari ini belum selesai. Kalau DEDnya sudah ada tinggal Pemerintah Daerah menyiapkan lahannya,” ujar Ia.

Aslim menegaskan, pihak DPRD sangat dan akan mendorong upaya-upaya yang dilakukan dinas untuk pengembangan Perpustakaan terutama dalam penyediaan buku-buku termasuk bagi lembaga-lembaga pendidikan non formal. “Selama anggaran masih dengan Pagu tentu akan sulit karena terbatas. Jadi harus prioritas,” tandasnya.

Laporan: Indra/Asron

BAGIKAN