Diduga Ilegal, Retribusi Situ Gede Akan Dibahas?

246 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Objek Wisata Alam Situ Gede Kota Tasikmalaya. } Foto : DokNet
Objek Wisata Alam Situ Gede Kota Tasikmalaya | Foto : DokNet

Kota, wartatasik.com – Menanggapi pendapat-pendapat miring yang muncul terkait kejelasan hukum penarikan retribusi Objek Wisata Alam Situ Gede yang disinyalir ilegal, Kabag. Hukum Setda Kota Tasikmalaya Hanafi, SH. MH mengatakan akan segera menyampaikannya kepada atasan untuk dilakukan pembahasan.

Ia menjelaskan, sebetulnya selama ini penarikan retribusi tersebut diterapkan sudah berdasarkan peraturan daerah yang ada. “Artinya, penarikan retribusi itu tidak ilegal karena sudah sesuai dengan payung hukum atau aturan yang berlaku yakni peraturan daerah yang telah dibuat,” tegas Ia, Senin (14/12).

Mengenai munculnya persepsi lain tersebut dirinya mengaku menyikapinya dengan wajar dengan alasan persoalan masukan, kritik maupun saran dari masyarakat merupakan hak dan bagian dari perjalanan suatu pemerintahan demi kemajuan daerah.

“Namun kita akan menyampaikannya untuk dibahas bersama semua pihak terkait dengan tujuan meluruskan permasalahannya barangkali masih ada kekurangan ataupun hal-hal lainnya yang perlu diperbaiki meskipun sebetulnya Pemkot sendiri sudah memiliki aturan yang jelas dan sah sebagai pijakannya,” terang Ia.

Seperti yang pernah diberitakan Media Online Wartatasik.com beberapa hari lalu bahwa Berdasarkan data dilapangan, ada pihak yang menyatakan penerapan retribusi atau karcis masuk Situ Gede dikatakan ilegal karena sebetulnya tak mendapat izin dari pemilik asset itu untuk dijadikan sebagai sarana bisnis tapi hanya untuk penataan dan pengelolaan sarana demi kepentingan yang bersifat edukasi, penelitian pertanian atau yang lainnya.

Penarikan retribusi yang sudah dijalankan selama ini diduganya diluar dasar ketentuan yang dibangun oleh kedua belah pihak atau bahkan tanpa diiringi dengan dokumentasi kesepakatan yang jelas. Indra/Asron

 

Related posts

Leave a Comment