Dinas Cipta Karya Bakal Bongkar Gedung Dewan?

 2,048 total views

Eks. Gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya.
Eks. Gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Kota, Wartatasik.com – Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan Kota Tasikmalaya Yono S. Karso mengaku tidak lama lagi pihaknya akan membongkar eks gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang berada di Jl. Mayor Utarya persis depan Masjid Agung Kota Tasikmalaya. “Pembongkaran tersebut merupakan pematangan area yang direncanakan untuk membangun ruang terbuka hijau sebagaimana telah tercantum dalam anggaran perubahan di tahun ini,” katanya kepada Crew Media Online Wartatasik.com, Selasa (22/09).

Ia mengatakan, pasca pembongkaran nanti pihaknya mengharapkan ada tindak lanjut untuk pembangunan RTHnya di 2016 mendatang. “Untuk RTHnya mudah-mudahan bisa terealisasi tahun depan. Sekarang baru pembongkaran saja dengan anggaran sekitar 120 juta rupiah  dari APBD Kota. Pembangunan taman kota itu berkaitan dengan dua hal yakni kegiatan pembuatan DED atau Detail Engineering Design dan kemudian pematangan lahan atau pembongkaran yang akan dilaksanakan tidak lama lagi,” terangnya.

Di anggaran tahun depan, lanjut Ia, sebetulnya untuk pembangunan fisik taman kota tersebut belum ada di dalam Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS). Kendati demikian, pihaknya bertekad akan mengupayakannya agar pembangunannya bisa terealisasi.

Yono menjelaskan, lahan yang akan dijadikan taman kota di lokasi tersebut seluas 4470 meter persegi. “Untuk penentuan pengembalian fungsi jalan Mayor Utarya ke Tugu Adipura seperti semula masih dalam kajian. Bisa jadi akan difungsikan kawasan khusus seperti area parker. Yang pasti, untuk hal tersebut ada beberapa alternatif,” pungkasnya. Asron/Indra

 

 

Related posts

Leave a Comment