Dinas Ketahanan Pangan Dukung Sistem Zonase Pertanian

 3,592 total views

H. Rahmat Mahmuda / EQi
H. Rahmat Mahmuda / EQi

Kota, Wartatasik.com – Rencana Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya yang akan mengoptimalkan sistem zonase pada Bulan Februari 2017 nanti mendapat dukungan penuh dari Dinas Ketahanan Pangan. Ditemui langsung, Kamis (26/01) tadi siang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya H. R. Mahmuda mengungkapkan, program tersebut dapat memperkuat sekaligus mencukupi kebutuhan pangan warga Kota Tasikmalaya.

Selain meningkatkan, mencukupi juga menjamin ketersediaan pangan, katanya, sistem zonase yang dipakai pertanian nantinya tidak bisa dialih fungsikan yang bisa mengakibatkan berkurangnya produksi pertanian sehingga dapat menimbulkan krisis pangan.

“Pada dasarnya dinas ini berkorelasi dengan Dinas Pertanian dan Perikanan. Karena, dinas tersebut mempunyai fungsi diantaranya produksi hasil-hasil pertanian. Disamping itu juga berkorelasi dengan Dinas Kesehatan yang kaitannya dengan penanggulangan gizi buruk,” tutur Rahmat.

Menurutnya, secara garis besar pangan terbagi dua yakni Pangan Nabati yang terdiri dari kelompok biji-bijian atau kacang-kacangan dan juga kelompok Pangan Hewani yang bersumber dari hewan seperti daging, ikan dan lain sebagainya.

Laporan: EQi

Related posts