Dinkes Beberkan Bahaya Akibat Rokok

 337 total views,  1 views today

Widiwati, SKM JFU

Kota, Wartatasik.com – Tak dipungkiri masyarakat Indonesia sebagian besarnya merupakan perokok aktif. Mirisnya lagi, anak-anak SD pun tidak sedikit sudah melakukannya (Merokok). Tanpa disadari atau mungkin melupakan dampak negatifnya akibat merokok bagi kesehatan, khususnya bagi pelajar dan anak usia dini. Dalam rokok mengandung zat kimia berbahaya antara lain Nikotin yang dapat menimbulkan kecanduan atau adiktif, TAR mengakibatkan penyakit kanker dan Karbon Monoksida menyebabkan gangguan fungsi jantung.

Hal tersebut dijelaskan Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Widiwati, SKM JFU dalam acara sosialisasi Perwalkot No. 18 Th 2011 yang digelar Dinas Pol PP dan Damkar di Gedung Serba Guna Bale Kota, Kamis (03/08). Ia menerangkan, dampak negatif dari merokok yakni adanya perubahan pola penyakit menular seperti Diare, Tuberkulosis, Infkesi saluran Pernapasan Atas menjadi penyakit tidak menular (PTM) Seperti Hipertensi, Jantung dan Diabetes.

“Konsumsi Rokok di Indonesia masih tinggi, yaitu sekitar 12,3 batang per orang setiap hari, dan untuk masyarakat Kota Tasik menurut data PHBS merokok di dalam ruangan sekitar 48,6 persen, hal tersebut disebabkan rokok mudah dibeli, murah dan bisa eceran,” pungkasnya. EQi

Related posts