Dinkes Kota Tasik Jalankan Tiga Pilar Pembangunan Kesehatan

 302 total views,  4 views today

dr. H. Cecep Zainal Kholis / Asron
dr. H. Cecep Zainal Kholis / Asron

Kota, Wartatasik.com – Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya memegang tiga pilar pembangunan kesehatan, yakni paradigma sehat, standarisasi sarana dan prasarana serta pembiayaan. Demikian diungkapkan Kepala Dinas dr. H. Cecep Zainal Kholis, di ruang kerjanya, Selasa (18/04). Ia menerangkan, yang dimaksud dengan paradigma hidup sehat yaitu dengan menggalakan program-program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menekan angka kematian ibu hamil dan bayi dan beberapa program lainnya.

Lalu, katanya, terkait standarisasi sapras seperti penyediaan ruangan-ruangan yang memadai atau standar menurut Permenkes No. 75. Selain itu, penyediaan alat kesehatan atau alkes yang sesuai dengan kebutuhan juga Sumber Daya Manusia (SDM) yang terstandar. “Maka dari itu, yang menjadi patokan kedepan dalam pelaksanaan pengadaannya berbasis sertifikasi dan belanjanya harus e-Katalog,” terangnya.

Kamudian, dalam urusan pembiayaan. “Dulu banyak pasien berobat yang meninggal dunia akibat kurang atau tidak punya biaya, Sekarang hal ini harus sudah selesai dengan adanya RW Siaga, Desa atau Kelurahan Siaga. Disitu ada forum dan kendaraan untuk mengangkut ibu hamil yang sudah disepakati di masyarakat. Lalu, untuk obatnya ada BPJS,” ujar H. Cecep.

Sementara, lanjut Ia, dari tiga pilar pembangunan kesehatan tersebut ada sejumlah program yang menjadi prioritas diantaranya penurunan angka kematian ibu dan bayi, penurunan angka kurang gizi, penanganan penyakit tidak menular (PTM), penanganan penyakit Aids, TBC dan Malaria (ATM) daan beberapa program yang lainnya. Menurutnya, masalah kesehatan tidak bisa diselesaikan oleh orang kesehatan. Dengan demikian pihaknya mengharapkan adanya pertisipasi dari semua pihak atau masyarakat yang harus mandiri dalam bidang kesehatan.

Laporan: Indra/Asron     

Related posts