Dinkes Sosialisasikan Kawasan Tanpa Asap Rokok bagi Mahasiswa

 4,508 total views

Sosialisasi kawasan tanpa asap rokok yang digelar Dinkes Kota Tasikmalaya / Asron

Kota, Wartatasik.com – Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya menggelar sosialisasi Kawasan Tanpa Asap Rokok bagi Mahasiswa dengan subtema Rokok Membunuhmu dan Membunuh Orang di Sekelilingmu bertempat di Kampus Bina Sarana Informatika (BSI) Tasikmalaya yang beralamat di Jl. Tanuwijaya No. 4, Selasa (09/04).

Kabid. Kesmas Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr. H. Sarwono mengatakan kegiatan sosialisasi diikuti semua kampus di Kota Tasikmalaya, diantaranya Kampus BSI, Stikes Muhammadiyah, STAI, STIA, STH Galunggung, dan Universitas Perjuangan, juga Unsil. “Masing-masing mengirim perwakilan 40 mahasiswa,” papar Sarwono disela acara.

Ia menambahkan, pihaknya melibatkan Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Tasikmalaya sebagai pemateri. “Dalam kesempatan ini, BNN Kota mengambil sampling test urine bagi para peserta sosialisasi,” imbuhnya. Sarwono juga menjelaskan menggelar sosialisasi tersebut tiada lain untuk menyosialisasikan Perwalkot No. 18 tahun 2011 tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok, berikut tempat-tempat yang dilarang merokok juga tersampaikan.

“Jadi melalui kegiatan ini, kami berharap para mahasiswa mengetahui Perwalkot juga Perda kawasan bebas rokok sehingga tidak merokok diruang terbuka atau publik. Kami sendiri terus menyebar banner stiker berkonten tentang rokok, yang disebar dan ditempel di tempat-tempat yang ditetapkan sebagai kawasan tanpa asap rokok, seperti fasilitas pelayanan kesehatan, diantaranya rumah sakit, puskesmas klinik, kampus, sekolah, Taman bermain anak dan lainnya,” terangnya.

Ia mengaku salut kepada kampus BSI yang telah menjalankan komitmennya sebagai kawasan bebas asap rokok. Sehingga pihak managemen kampus, lanjut Ia, tidak sungkan-sungkan mendropout mahasiswanya yang kedapatan merokok didalam kampus, “Dan itulah salah-satu alasan mengapa acara ini digelar disini,” pungkasnya.

Laporan: Asron

Related posts