Dinsosnakertrans Usulkan 700 Ribu Lebih Penerima KIS

 398 total views,  2 views today

Sri Yulia | Foto : EQi
Sri Yulia | Foto : EQi

Kabupaten, Wartatasik.com – Kasie. Bansos Dinsosnakertrans Kabupaten Tasikmalaya Sri Yulia mengatakan pihaknya sudah menerima data PPLS Tahun 2011 dari Kementerian Sosial RI untuk memverifikasi kembali data yang layak atau tidak sebagai penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS). Verifikasi, terangnya, dilakukan oleh Tenaga Kesejateraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang ada di masing-masing kecamatan dan tingkat desa.

“Hal itu berdasarkan Undang-undang tentang penanganan kemiskinan. Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial Kabupaten dan Kota mempunyai tugas melaksanakan verifikasi dan validasi data kemiskinan termasuk data penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dulu bernama JAMKESMAS dan dikelola oleh BPJS,” ungkapnya, Selasa (05/04).

Sementara, tambah Ia, untuk data penerima KIS atau Penerima Bayaran Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBIJKS) hasil verifikasi Tahun 2015 sudah diusulkannya ke Kementerian Sosial RI. “Setelah diolah oleh kementerian, hasilnya akan dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri yang nantinya akan diserahkan ke BPJS dan diserahkan kembali ke dinas untuk didistribusikan kepada penerima jaminan,” jelas Ia.

Untuk Tahun 2015 kemarin, lanjut Sri, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tasikmalaya mengusulkan sebanyak 702.231 jiwa penerima KIS. “Data tersebut sudah melalui proses verifikasi dan validasi. Lalu, digabungkan dengan data kemiskinan sehingga nantinya tidak ada data ganda atau satu penerima mendapatkan satu Kartu KIS dan JAMKESDA,” tandasnya. EQi

Related posts

Leave a Comment