Distan Temukan Hewan Berpenyakit di Penyembelihan Kurban Perum Sukarindik

 1,090 total views,  2 views today

Hati Sapi y6ang mengandung Cacing Hati | Foto : Seda
Hati Sapi yang mengandung Cacing Hati | Foto: Seda

Kota, Wartatasik.com – Pada proses penyembelihan di salah satu tempat pemotongan hewan kurban di Perum Sukarindik Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, Senin (12/09), ditemukan cacing hati oleh tim pemeriksa dari Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan.

Saat dihubungi di lokasi, Kasi Keswan dan Kesmavet drh. Nina K menjelaskan, mengkonsumsi hati hewan yang mengandung cacing hati dapat membahayakan kesehatan organ tubuh manusia. Oleh karena itu, katanya, bila hati Sapi terkena fasciola hepatica sebaiknya jangan dikonsumsi.

“Jika memakannya, dalam jangka pendek efeknya dapat mengakibatkan perut mules, mual serta muntah-muntah. Sedangkan, jangka panjangnya dapat berakibat serius karena akan menggerogoti organ tubuh,” terang Ia. drh. Nina menambahkan, penyebaran Fasciola Hepatica kepada hewan terutama pada Sapi ternak berbagai umur.

Cacing tersebut, sambungnya, berbentuk segitiga, pipih, berwarna abu-abu kehijauan sampai kecokelatan. Ukuran pnjangnya mencapai 2-3 cm. ”Penyebab Sapi terkena Cacing Hati yakni melalui pakan khususnya dedaunan atau rerumputan yang telah terinfeksi Larva (tempayak) dan juga dari air minum,” ungkapnya. Ia menjelaskan, pengaruh Cacing itu bagi ternak akan menyebabkan penderitaan yang kronis menahun, kurus, kekurangan darah serta gizi, menghambat pertumbuhan serta peradangan hati dan empedu.

Laporan: Seda

Related posts