DKP Kab. Tasik Cegah Pangan Berbahan Kimia

 532 total views,  2 views today

Ir. Dedin Ruswandi / EQi

Kabupaten, Wartatasik.com – Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya merupakan bidang baru yang dibentuk beberapa waktu lalu dalam perubahan SOTK baru yang ditetapkan pemerintah.

Bidang tersebut pada dasarnya memiliki tugas untuk merubah kebiasaan pola makan masyarakat. “Karena tubuh kita memerlukan berbagai suplemen yang beragam, dalam arti meningkatkan pola pangan harapan,” ungkap Kasie Konsumsi dan Keamanan Pangan Ir. Dedin Ruswandi di ruang kerjanya, Senin (17/07).

Adapun langkah-langkah yang telah dilakukan yaitu melaksanakan sosialisasi terhadap para produsen agar memenuhi syarat dan masuk kategori Sertifikasi Prima 1, 2 atau 3. “Sehingga konsumen mendapat jaminan keamanan, dan kedepan masyarakat mengkonsumsi pangan segar dari produsen yang bersertifikat. Terjamin keamanannya,” tegas Ia.

Dedin menambahkan, titik fokus bidangnya yakni Keamanan Pangan Segar seperti sayuran, buah-buahan atau dengan kata lain Pangan Nabati. “Jangan sampai pangan segar tersebut mengandung bahan kimia berbahaya, misal Pestisida dan yang lainnya,” tuturnya.

Alat yang digunakan dalam mengawasi atau memeriksa pangan segar agar terhindar dari kandungan berbahaya, diterangkannya, yaitu menggunakan alat yang masih sederhana namun aktual. Alat tersebut adalah Ravid Test Pestisida. “Kedepannya insyaallah kita akan menggunakan alat yang canggih atau elektronik sehingga tingkat akurasinya tepat,” pungkasnya. EQi

Related posts