Asisten Daerah II Kota Tasikmalaya H. Nana Rosadie.
Asisten Daerah II Kota Tasikmalaya H. Nana Rosadie.

Kota, Wartatasik.com – Asisten Daerah II Kota Tasikmalaya H. Nana Rosadie mengatakan dalam kurun waktu dua bulan jumlah orang yang positif terkena virus HIV/AISD mencapai angka 32 orang. Itu, katanya, berdasarkan laporan dari Kelompok Kerja Penanganan HIV/AIDS baru-baru ini. “Sungguh sangat miris mendengarnya. Angka tersebut cukup tinggi apalagi di tengah masyarakat Kota Tasikmalaya yang religius,” katanya kepada wartatasik.com usai menghadiri rapat pembahsan penanggulangan HIV/AIDS, Kamis (2/4).

Menurutnya, proses penyebarannya diketahui tidak lebih besar daripada jarum suntik melainkan dari “Jarum Tumpul” para kaum Adam yang tidak bertanggung jawab sehingga anak dan istrinya yang tak berdosa menjadi koran karena tertular virus yang mematikan itu. “Sehingga tidak sedikit dalam satu keluarga yang mengidap penyakit tersebut,” tambahnya. Nana juga menerangkan dari jumlah total 334 Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kota Tasikmalaya hanya sepuluh persennya yang tertular dari jarum suntik, sisanya diakibatkan berhubungan intim sembarang dengan berganti-ganti pasangan.

Yang lebih memprihatinkan, lanjut Ia, di Kota Tasikmalaya sekarang ini sudah ada yang suka sesama jenis atau lelaki senang lelaki dan perempuanpun sama suka dengan sesamanya. Hal tersebut diakuinya merupakan penyumbang besar terhadap cepatnya penularan virus secara lebih luas lagi. “Untuk pencegahannya, Pemkot bersama Pokja yang terdiri dari MUI, Dinsos, Dinkes, Komisi Penanggulangan AIDS dan intansi terkait lainnya akan berupaya untuk terus menekan bertambahnya orang yang tertular diantaranya dengan rutin memantau, mengobati, menambah sarana dan prasana yang dibutuhkan hingga memberikan penyuluhan-penyuluhan,” pungkasnya. Asron

BAGIKAN