Fasilitas Difabel Diajukan 31 Miliar

 1,280 total views

Yono S Karso
Yono S Karso

Kota, Wartatasik.com – Dalam rangka mengupayakan pemenuhan pelayanan sarana atau fasilitas akses bagi kaum orang yang memiliki fisik berbeda atau difabel di setiap intansi atau kantor OPD, Pemkot Tasikmalaya melalui Dinas Ciptakarya, Tata Ruang dan Kebersihan telah mengajukan bantuan anggaran kurang lebih sebesar 31 miliar rupiah.

“Itu untuk keseluruhan. Karena, sampai sekarang ini kita akui sebagian besar perkantoran di lingkungan Pemkot Tasikmalaya belum menyediakan sarana atau akses untuk kaum difabel. Maka dari itu, kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan itu dengan mengacu terhadap aturan perundang-undangan, peraturan pemerintah maupun peraturan daerah yang berlaku,” ujar Kadis Ciptakarya Yono S Karso, Selasa (22/09).

Dalam hal ini, kata Ia, pihaknya sudah mengingatkan tim perencana kegiatan pembangunan agar memperhatikan kebutuhan sarana bagi orang berkekurangan tersebut. Tak hanya khusus perkantoran, sambung Yono, upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pelayanan sarana difabel juga akan dilakukan bagi fasilitas umum lainnya seperti trotoar, taman kota dan sebagainya.

“Jadi, idealnya para perencana pembangunan harus sudah mengetahui dan memperhatikan hal tersebut sesuai referensi aturan yang ada. Artinya, dari mulai sekarang setiap kegiatan pembangunan sarana kantor harus menyediakan akses difabel karena memiliki hak yang sama sebagai warga negara dan masyarakat kota ini,” tandasnya. Indra/Asron

 

 

Related posts

Leave a Comment